Text
Strategi Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Juliana, 2016, Strategi Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Siswa di
MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Siswanto, M. Pd. I
Kata kunci: Strategi, guru, kedisiplinan, belajar, siswa.
Ada Empat pokok permasalahan dalam kajian pokok penelitian ini yaitu: (1)
Bagaimana bentuk-bentuk kedisiplinan belajar yang digunakan guru di MTs
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan? (2) Bagaimana strategi guru dalam
menanamkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan?(3) Bagaimana kendala guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar
siswa di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?(4) Bagaimana upaya guru
dalam mengatasi kendala dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa di MTs
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan,
Ketekunan peneliti, dan Triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan pertama, bentuk-bentuk
kedisiplinan di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yaitu mengenai
kedisiplinan waktu, kedisiplinan terhadap diri sendiri, dan kedisiplinan terhadap
tugas. Adapun penerapan dan hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam
menananmkan kedisiplinan belajar di MTs Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan yaitu guru hendaknya menjadi suri tauladan yang baik kepada
siswanya. Karena siswa tentunya akan mencontoh siapa yang memberikan
peraturan bukan hanya memberikan peraturan akan tetapi bagaimana caranya
orang yang memberikan peraturan tersebut memberikan contoh terlebih
dahulu.Kedua, strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa di
MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan masih kurang maksimal karena
kurangnya kesadaran dari semua pihak.Dan diantara strategi yang digunakan
adalah mengenai kesiapan siswa dalam menerima pelajaran dari guru maka siswa
itu harus dirangsang terlebih dahulu, bagi yang tidak mengerjakan tugas biasanya
mereka disuruh menghafal yang sesuai dengan materi yang bersangkutan. Ketiga,
kendala guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Matsaratul
Huda Panempan Pamekasan adalah lembaga yang dibawah naungan pondok
pesantren ini, siswanya mayoritas adalah santri dan ada juga siswa dari luar
pondok. Jadi dalam menerapkan kedisiplinan di lembaga ini masih kurang
maksimal karena antara siswa yang dari pondok ataupun yang dari luar
memberikan pengaruh tersendiri. Keempat, upaya guru dalam mengatasi kendala
dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan adalah dengan di Tempelkan sebuah tata tertib dan
sangsinya, bagi yang melanggar disangsi sesuai dengan tingkatan pelanggarannya.
Tidak tersedia versi lain