Text
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIDAYAH TEMORAN OMBEN SAMPANG
Muslimah, 2017, Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M. Pd
Katakunci: Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang,
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang. kedua, apa saja langkah-langkah kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang,.
Tujuan dari pokok permasalahan di atas ini adalah pertama, bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang. kedua, bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru. Tehnik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan. Pertama, Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang adalah 1). Mengawasi kinerja guru mulai dari jam masuk guru sampai berakhirnya KBM di madrasah dibuktikan dengan adanya absen datang dan pergi. 2). Menggantikan mata pelajaran guru yang sedang tidak masuk. 4). Mengawasi kesiapan mengajar guru dibuktikan dengan adanya Silabus dan RPP. Kedua, Langkah-Langkah Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang adalah 1). Mengadakan pelatihan yang diadakan sekitar dua tahun yang lalu dan sekarang tidak pernah mengadakannya lagi karena minimnya anggaran untuk pelatihan sehingga tidak bisa dilakukan secara berkesinambungan. 2). Mengadakan penialaian kinerja guru setiap akhir semester namun sebelum itu kepala madrasah mengadakan rapat untuk menentukan waktu pelaksanaan penilaian kinerja guru di madrasah yang dilakukan setiap akhir semester dan ada 5 guru yang akan dinilai setiap minggu. 3). Penilaian menggunakan instrumen penilaian kinerja guru, di buktikan dengan adanya IPKG (instrument penilaian kinerja guru).
Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Temoran Omben Sampang untuk meningkatkan kegiatan supervisinya pada aktivitas guru dalam pembelajarandan mengembangkan langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja guru agar peningkatan kinerja guru dapat tercapai.
Tidak tersedia versi lain