Text
ANALISIS METODE PEMBELAJARAN GURU SKI DI SMP 4 MA’ARIF MASARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
Hodaifah, 2016. Analisis Metode Pembelajaran Guru SKI di SMP 4 Ma’arif
Masaratul Huda Panempan Pamekasan. Pembimbing: Moh. Hafid efendy, M.Pd.
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Hasil Pembelajaran Guru.
Metode Pembelajaran merupakan langkah-langkah dalam pemakaian suatu pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan guru, yang merupakan inti kegiatan belajar. Cara mengajar guru aktif tersebut dapat berlangsung dengan efektif, bila guru melaksanakan peran dan fungsinya secara aktif dan kreatif, mendorong dan membantu serta berupaya mempengaruhi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan belajar yang telah ditentukan. Sedangkan hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima proses pembelajaran atau pengalaman belajarnya.
Ada 4 fokus dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran Guru SKI di SMP 4 Ma’arif Masaratul Huda Panempan Pamekasan pada tahap persiapan? (2) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran Guru SKI di SMP 4 Ma’arif Masaratul Huda Panempan Pamekasan pada tahap pelaksanaan pembelajaran? (3) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran Guru SKI di SMP 4 Ma’arif Masaratul Huda Panempan Pamekasan pada tahap evaluasi pembelajaran? (4) Apa sajakah faktor penghambat dan pendukung dalam penggunaan metode Guru SKI di SMP 4 Ma’arif Masaratul Huda Panempan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber datanya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara tidak terstruktur berupa dokumentasi. Teknik analisis data adalah mendeskripsikan, sedangkan analisis keabsahan data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Metode pembelajaran Guru SKI di SMP 4 Ma’arif Masaratul Huda Panempan Pamekasan pada tahap persiapan, Guru menentukan metode dahulu yang disesuaikan dengan materi pembelajaran untuk diterapkan dikelas diantaranya; Student Team Acievement Devision, Student Team Acievement Devision (STAD), Cooperative Integreted Reading and Composition, ada lagi metode Teams Games Tournaments (TGT), dan metode belajar kelompok, 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran, dengan cara menyiapkan seperangkat pembelajaran yang dimulai dari silabus, RRP sampai evaluasi pembelajaran, 3) Tahap evaluasi pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam diantaranya; mengulang materi yang sudah dilewati jika ada siswa yang belum menguasai pelajaran, 4) Faktor penghambat dan pendukung pada tahap evaluasi pembelajaran, adalah masih minimnya fasilitas sekolah seperti proyektor, televisi, dan alat peraga lainnya, dan kurangnya minat belajar siswa. Sedangkan faktor pendukung adalah memfasilitasi guru dengan mengikutsertakan guru dalam seminar pendidikan dan kegiatan rutinitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan LKS
Tidak tersedia versi lain