Text
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH MATHLABUL ULUM PRAGAAN LAOK KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP
M Kurdi, 2017. Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah
Mathlabul Ulum Pragaan Laok Pragaan Sumenep. Skripsi, Jurusan
Tarbiyah,Program Studi Pendidikana Agama Islam, STAIN Pamekasan,
Dosen Pembimbing Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Madrasah
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Bagaimana strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam di
Madrasah Diniyah Mathlabul Ulum Pragaan Laok Pragaan Sumenep.
Kedua,Bagaimanakendala yang dihadapi dalam Pengembangan Pendidikan
Agama Islam di Madrasah Diniyah Mathlabul Ulum Pragaan Laok Pragaan
Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitiandeskriptif.Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah
kepala madrasah, guru, dan siswa Madrasah Diniyah Mathlabul Ulum Pragaan
Laok Pragaan Sumenep. Dalam pengumpulan data menggunakan tehnik Interview
(wawancara), observasi dan dokumentasi.Tehnik analisis data menggunakan
reduksi data, display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Tehnik
pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan,
pengamatan.
Adapun hasil penelitian adalah
Pertama, StrategiPengembangan
Pendidikan Agama Islamdi Madrasah Diniyah Mathlabul Ulum Pragaan Laok
Pragaan Sumenepmelakukan berbagai kegiatan yang dilakukan tidak jauh dari
nilai-nilai ajaran agama Islam, sehingga yang dilakukan kegiatan rutinitas setiap
harinya sebelum pembelajaran 1) Pembacaan do’a, membaca ayat suci al-Qur’an,
membaca asma’ul husna, membaca muhafadhah 2) Setiap siswa menyetorkan
muhafadhahnya sesuai dengan pelajaran yang akan dimulainya, 3) Seorang guru
harus mempersiapkan diri baik dari segi metal maupun materinya terlebih
dahulu.4) Guru harus bisa memilih metode yang tepat dan sesui dengan
pelajarannya, mengenai metode yang guru terapkan dalam proses pembelajaran
tidak jauh dengan metode pendidikan Islam ialah cerita, nasehat, pembiasaan,
ceramah, diskusi, dialog, dan lain-lain. Kedua, kendala yang dihadapi dalam
strategi Pengembangan Pendidikan AgamaIslam di Madrasah Diniyah Mathlabul
Ulum Pragaan Laok Pragaan Sumenep. 1) Tidak adanya dukungan pemerintah
baik dari tujuan bahan perlengkapan sekolah maupun gaji guru.2)Kurang fasilitas
yang menujang untuk pembelajaran. 3) Kurangnya sarana dan prasarana 4) Tidak
diakuinya ijazah atau tanda tamat.
Tidak tersedia versi lain