Text
KINERJA GURU AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KECAMATAN KARANGPENANG KABUPATEN SAMPANG
Achmad Fawaid, 2016, Kinerja Guru Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Huda Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang, Skripsi
Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN
Pamekasan, Pembimbing Drs. H.Moh. Zaini, MM
Kata kunci : Kinerja, Guru
Kinerja guru merupakan suatu kemampuan guru dalam melaksanakan
tugasnya. Salah satunya adalah guru akidah akhlak. Kemampuan tersebut sebagai
salah satu faktor keberhasilan dan profesionalisme guru di lingkungan sekolah dan
diluar sekolah. antara lain kemampuan pedagogik, kemampuan personal,
kemampuan profesional. Adapun kinerja guru dalam proses pembelajaran yaitu
3melakukan perencaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran dan
melakukan evaluasi pembelajaran.
Terdapat dua fokus permasalahan dalam kajian ini. Pertama, Bagaimana
kinerja guru akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan
Karangpenang Kabupaten Sampang. Kedua, Apa saja Faktor pendukung kinerja
guru akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karangpenang
Kabupaten Sampang.
Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru akidah
ahklak, wali kelas dan peserta didik. Adapun pengumpulan datanya adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah secara bertahap. Pertama; pengumpulan data, kedua mereduksi data dengan
menyeleksi dan mengelompokkan, ketiga display data, dan yang terakhir
menyimpulkan data.
Hasil dari penelitian ini adalah. Pertama; kinerja guru Akidah Akhlak di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang.
Antara lain : a) Perencanaan Program Kegiatan Pembelajaran, b) Pelaksanaan
Kegiatan Pembelajaran, c) Evaluasi/Penilaian Pembelajaran. kedua; Dalam
melaksanakan kinerja guru akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda
Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang terdapat faktor pendukung dalam
terselesainya kinerja guru. Antara lain faktor pendukung tercapainya kinerja guru
akidah akhlak adalah : a) Dukungan dari pihak sekolah, b) Dukungan dari guru, c)
Dukungan dari siswa, d) Dukungan sarana dan prasaran sekolah
Berdasarkan hasil penelitian yang terangkum dalam skripsi ini, penulis
ingin memberikan catatan akhir sebagai konstribusi pemikiran kepada para guru
di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Karangpenang Sampang; Bagi sekolah
diharapkan selalu mendukung dan menfasilitasi kinerja guru dalam menyelesaikan
program pembelajaran. Bagi guru, hendaknya selalu memiliki semangat dan
selalu bersikap profesional dalam kinerjanya. Bagi siswa, hendaknya
mengoptimalkan kinerja guru bidang studi akidah akhlak sehingga mencapai
tujuan pendidikan yang diharapkan oleh guru Akidah Akhlak.
Tidak tersedia versi lain