Text
PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA PAI MELALUI PEMBELAJARAN MICRO TEACHING JURUSAN TARBIYAH STAIN PAMEKASAN
Mahbub Junaidi, 2016, Peningkatan Kompetensi Mahasiswa PAI Melalui
Pembelajaran Micro Teaching Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Skripsi,
Jurusan Tarbiyah, Ptogram Studi Agama Islam STAIN Pamekasan. Pembimbing:
Dr. Edi Susanto, M.Fil.I
Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi, Mahasiswa PAI, Pembelajaran Micro
Teaching
Peningkatan kompetensi Mahasiswa PAI Melalui Pembelajaran Micro
Teaching yaitu proses atau usaha meningkatkan berbagai kemampuan mahasiswa
PAI dalam bidang keguruan khususnya agama, melalui latihan berbagai
keterampilan mengajar secara terkontrol sehingga bisa bersikap sebagai seorang
guru PAI yang profesional dalam melakukan pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran Micro Teahcing dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa PAI
Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan; Kedua, Bagaimana perkembangan
kompetensi Mahasiswa PAI dalam mengajar melalui pembelajaran Micro
Teaching Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan; Ketiga, Bagaimana respon
mahasiswa PAI dalam penerapan pembelajaran micro teaching Jurusan Tarbiyah
STAIN Pamekasan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah
diskriptif analisis. data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu Dosen Pengampu micro teaching,
Mahasiswa yang menempuh pembelajaran micro teaching, dan oprator ruang
micro teaching. Dalam mengecek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan,
ketekunan peneliti dan triagulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses pelaksanaan
pembelajaran micro teaching dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa PAI
Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan dengan berbagai tahap yaitu pengenalan
beban tugas satu semister pemberian materi KDM sekaligus memberikan contoh
mengajar, setelah itu mahasiswa melaksanakan peraktek latihan dengan feedback
dan perbaiakan peraktek. Materi pokoknya yaitu KDM dengan memperaktekkan
mengunakan berbagai media atau alat yang relefan, salah satu hal yang sering
mengganggu proses pembelajaran itu kurangnya persipan pada alat-alat ruang
micro teaching; Kedua, Perkembangan kompetensi mahasiswa dalam mengajar
melalui Micro teaching yang berkiasar 30 menit semakin meningkat. karena
adanya koreksi dan arahan berdasarkan instrumen IPKG. faktor yang menghambat
perkembangan tersebut yaitu penguasaan materi, sifat grogi dan yang mendukung
yaitu kometmen dan juga adanya kerja sama; Ketiga, Penerapan pembelajaran
micro teaching PAI di STAIN Pamekasan sangat bagus dan bermanfaat dalam
memantapkan diri sebelum terjun kelapangan. kekurangan dalam ruang micro
teaching yaitu Headphone hanya satu, layar proyektor kurang jelas, dan juga
papan gabus untuk menampilkan media pembelajaran. Sedangkan keunggulanya
yaitu dari segi pembelajaran cukup bagus dan juga ruangan yang ber-AC dan
prasarana yang lain yang membuat kenyamana dalam pelaksanaan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain