Text
Motivasi Siswa Belajar Membaca Al Qur’an di SMPN 2 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan
Nur Azizah, 2016, Motivasi Siswa Belajar Membaca Al Qur’an di SMPN 2 Kec.
Pademawu Kab. Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata Kunci : Motivasi Siswa, Belajar Membaca Al Qur’an.
Belajar Al Qur’an merupakan kewajiban bagi semua umat Islam karena
Al Qur’an adalah pedoman hidup yang akan mengantarkan manusia untuk
senantiasa takwa kepada Allah SWT. Dalam belajar Al Qur’an tentunya
diperlukan adanya motivasi agar semangat dalam belajar Al Qur’an terus
meningkat.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja motivasi siswa belajar
membaca Al-Qur’an di SMPN 2 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan; kedua, faktor
apa saja yang mendukung dan menghambat motivasi siswa belajar membaca
Al-Qur’an di SMPN 2 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala SMPN 2 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan, guru
penanggung jawab Ekstra Kurikuler Al Qur’an, guru pengajar Ekstra Kurikuler
Al Qur’an, serta siswa peserta Ekstra Kurikuler Al Qur’an SMPN 2 Kec.
Pademawu Kab. Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian
rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, motivasi siswa belajar
membaca Al Qur’an di SMPN 2 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan adalah karena
keinginan kuat dari siswa untuk lebih mengetahui tentang cara membaca
Al Qur’an yang baik dan benar sehingga dengan demikian ilmu yang mereka
dapat dari Kegiatan Ekstra tersebut dapat dijadikan introspeksi dalam
memperbaiki kesalahan membaca Al Qur’an. Kedua, faktor pendukung motivasi
siswa belajar membaca Al Qur’an yaitu kelengkapan sarana dan prasarana, minat
serta keaktifan siswa. Adapun faktor penghambat motivasi siswa belajar membaca
Al Qur’an di SMPN 2 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan yaitu karena sifat malas
(internal) serta opini negatif dari temannya (eksternal). Agar motivasi siswa terus
meningkat, maka diperlukan dorongan/motivasi dari guru ataupun kepala SMPN 2
Kec. Pademawu Kab. Pamekasan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam
belajar memabaca Al Qur’an.
Tidak tersedia versi lain