Text
PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs SUNAN GIRI LOBUK BLUTO SUMENEP
Anis Fitrya Qutsi, 2017, Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Di MTs Sunan Giri Lobuk Sumenep, Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN)
Pamekasan, Pembimbing: Mushollin, M. Pd. I
Kata Kunci : Kompetensi Sosial Guru, Prestasi Belajar
Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang ada dalam
diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Kompetensisosial
guru merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif
dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, dan masayarakat sekitar.
Kompetensi sosial juga kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan
efisiensi dengan bawahan/atasan, rekan kerja, orang tua, dan masyarakat. Dalam
kehidupan sosial seorang profesional merupakan figure yang menjadi standar tolak ukur
bagi masyarakat untuk mengambil keteladanannya.
Dalam penelitian ini ada dua rumusan masalah, yaitu: pertama, Adakah
pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Sunan Giri
Lobuk Bluto Sumenep. Kedua, seberapa besar pengaruh kompetensi sosial guru
terhadap prestasi belajar siswa di MTs Sunan Giri Lobuk Bluto Sumenep. Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk deskriptif sumber data yang
diperoleh dengan cara angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam meneliti adalah untuk memperkuat hasil temuan yang di lakukan
uraian terperinci dan jelas.
Dari hasil penelitian lapangan Maka untuk membuktikan kebenaran hipotesis
tersebut, data yang telah peneliti sajikan sebelumnya perlu pengolahan dan analisis lebih
lanjut. Adapunan alisis yang peneliti gunakan adalah analisis regresi linier, yaitu
mencari ada atau tidaknya Pengaruh antara duaVariabel yang diteliti dengan
menggunakan Softwer SPSS Staistitic v 20 for Windows. Melalui angket bahwasanya
kompetensi sosial guru sangat mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa
sebagaimana yang telah di rekomendasikan melalui hasil angket yang telah peneliti
teliti.
Dapat diketahui bahwa uji regresi korelasi variabel x terhadap variabel y 0,000
< 0,005 , Dengan demikian maka berarti terbukti hipotesis kerja (Hi) yang menyatakan
ada “Ada pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs
Sunan Giri Lobuk Bluto Sumenep Tahun Pelajaran 2016/2017 di terima. Sedangkan
hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan “Tidak ada pengaruh Kompetensi Sosial Guru
terhadap prestasi belajar siswa di MTs Sunan Giri Lobuk Bluto Sumenep Tahun
Pelajaran 2016/2017di tolak.
Tidak tersedia versi lain