Text
Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Kitab Hidayatul Mustafid pada Pengembangan Kualitas Baca Al-qur’an Siswa Madrasah Diniyah (MD) Al-Waroqot ToronananSamalem Pamaroh Kadur Pamekasan
Moh. Fausi, 2016. Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Kitab
Hidayatul Mustafid pada Pengembangan Kualitas Baca Al-qur’an Siswa
Madrasah Diniyah (MD) Al-Waroqot ToronananSamalem Pamaroh
Kadur Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dr. Buna’i, S.
Ag. M. Pd
Kata kunci: pembelajaran Kitab Hidayatul Mustafid, kualitas baca Al-qur’an.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kitab
Hidayatul Mustafid pada pengembangan kualitas baca Al-qur’an di Madrash
Diniyah (MD) Al-Waroqot Toronan Samalem Pamaroh Kadur Pamekasan.
Kedua, Bagaimana perkembangan kualitas baca Al-qur’an santri setelah
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kitab Hidayatul Mustafid di
Madrasah Diniyah (MD) Al-Waroqot Toronan Samalem Pamaroh Kadur
Pamekasan, dan Ketiga, Apa saja factor pendukung dan penghambat pada
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kitab Hidayatul Mustafid di
Madrasah Diniyah (MD) Al-Waroqot Toronan Samalem Pamaroh Kadur
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptip, Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala
Madrasah Dinyah Al-waroqot, Ustad pengajar Kitab Hidayatul Mustafid, santri
Madrasah Diniyah Al-waroqot. dalam pengumpulan data menggunakan tehnik
Interview (wawancara), observasi dan dokumentasi, tehnik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik
pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti,
Ketekunan pengamatan, Triangulasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah Pertama, pelaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan kitab Hidayatul Mustafid pada pengembanagan kualitas
5baca Al-qur’an di Madrasah Diniyah Al-waroqot adalah, 1) ketika membuka
pembelajaran mengucapkan salam, membaca do’a, absensi, dan mengevaluasi
pelajaran-pelajaran yang sebelumnya, 2) kemampuan ustad dalam pengelolaan
kelas pada pelaksanaan pembelajaran cukup baik yakni suasan kelas kondusif, 3)
penguasaan materi ustad baik yang mana santri faham terhadap yang dijelaskan,
4) metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab Hidayatul Mustafid yaitu
metode Demonstrasi karena pembelajaran tajwid membutuhkan banyak tebak-
tebakan, 5) media yang di gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran kitab
Hidayatul Mustafid yaitu media tradisional papan dan kapur tulis dan sumber
belajarnya kitab dan Al-qur’an, 6) sebelum menutup pembelajaran ustad
menayakan kembali materi yang sudah di jelaskan. Kedua, perkembangan kualitas
baca Al-qur’an santri setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan
kitab Hidayatul Mustafid di Madrasah Diniyah (MD) Al-waroqot Toronan
Samalem Pamaroh Kadur Pamekasan adalah 1) santri tambah lancar membaca Al-
qur’an karena sudah belajar cara baca Al-qur’an dnegan baik dan benar serta
sebelum memulai pembelajaran membaca Al-qu’an secara bersama, 2) santri
tambah baik penggunaan tajwidnya ketika membaca Al-qur’an, 3) kemampuan
santri membaca Al-qur’an dengan tartil cukup baik dan lagu yang di gunakan
yaitu lagu bayati, 4) dan santri tambah fasih dalam baca Al-qur’an karena sudah
tau bagaimana cara baca yang benar semisal makhorijul khurufnya dan panjang
pendeknya. Ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan kitab Hidayatul Mustafid di Madrasah
Diniyah (MD) Al-Waroqot Toronan Samalem Pamaroh Kadur Pamekasan. Faktor
pendukungnya yaitu faktor inst yang mana santri sangat antusias ingin tau baca
Al-qur’an dengan baik dan benar serta faktor orang tua, faktor teman, guru, dan
penghambatnya yaitu apabila ada santri yang tida mendengarkan atau berbicara
ketika ustad menjelaskan materi pelajaran.
Tidak tersedia versi lain