Text
Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Munawwarah Pamekasan
ABSTRAK
Ulfatul Jannah, 2017, Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Munawwarah Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag.M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Agama Islam.
Media pembelajaran interaktif adalah alat yang membantu pendidik dalam menyampaikan materi serta mempermudah dalam proses belajar mengajar, sedangkan pendidikan agam Islam adalah tempat transformasi ilmu pengetahuan agama demi tertanamnya pengetahuan dan nilai-nilai ajaran agama Islam.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana persiapan guru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDI Al-Munawarah, kedua bagaimana keterlibatan duru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDI Al-Munawarah, ketiga bagaimana implikasi dari penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran PAI di SDI Al-Munawarah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru PAI, siswa dan kepala sekolah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan, keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, persiapan guru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDI Al Munawwarah Pamekasan dimulai dengan langkah-langkah dalam persiapan penggunaan media pembelajaran interaktif diantaranya: Guru menyiapkan materi terlebih dahulu guna mempermudah guru dalam menyampaikan materi terhadap siswa sehingga dapat berkonsentrasi serta dapat menguasai jalannya KBM sehingga materi mudah dipahami dan di mengerti. Guru menentukan media yang akan di gunakan yang sesuai dengan materi, Guru mempersiapkan alat-alat yang mendukung dari penggunaan media yang akan di gunakan, Guru mempersiapkan kelas yang kondusif guna memperlancar jalannya KBM, Guru mempertimbangkan tujuan yang hendak dicapai, dan guru memperhatikan alokasi waktu untuk memaksimalkan materi tujuannya mempermudah guru di dalam proses KBM.
Kedua keterlibatan guru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDI Al Munawwarah Pamekasan terbukti dengan peranan guru di dalam proses KBM yang terdiri dari: Terjadinya komunikasi dua arah antara guru dengan siswa, Adanya umpan balik dari siswa setelah adanya penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran, dan keterampilan guru di dalam penggunaan media pembelajaran interaktif serta tahapan-tahapan pembelajaran. Dan, Ketiga Implikasi dari penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran pendiddikan agama Islam di SDI Al Munawwarah Pamekasan berimplikasi terhadap penanaman nilai-nilais pendidikan agama islam, hal ini dapat diihat dari kebiasaan siswa diantaranya:
vi
1. Adanya kesadaran yang kuat pada diri siswa untuk menjalankan ajaran agama seperti shalat, membaca Al-Qur’an, tingkat kepatuhan kepada orang tua dan guru serta dalam menjalankan ibadah-ibadah lainnya.
2. Adanya konsistensi dalam membentuk siswa sebagai generasi Qur’ani yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual sehingga mampu menunjukkan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
3. Memberikan kepuasan terhadap masyarakat untuk membawa dan mengantarkan siswa dan siswinya dalam keberhasilan belajar dengan program-program yang dapat mengantarkan siswa-siswanya pada kecakapan intelektual dan kecakapan spiritual.
Tidak tersedia versi lain