Text
KORELASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMPN 3 SAMPANG
Afiful Amin, 2016, Korelasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap
Perilaku Siswa di SMPN 3 Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah
Harun AR, M.Ag.
Kata Kunci : Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Perilaku Siswa.
Hasil belajar PAI merupakan kemampuan-kemampuan siswa dalam
mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertakwa dan berakhlak
mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya, yaitu kitab
suci Al-Qur’an dan Al-Hadits setelah siswa menerima pengalaman belajar
mengenai ajaran agama Islam melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Dan perilaku siswa adalah reaksi siswa terhadap lingkungannya dan berkembang
terhadap seluruh aspek kepribadiannya serta sesuai dengan tahapan
perkembangannya.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Adakah Korelasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap
Perilaku Siswa di SMPN 3 Sampang. Kedua, Seberapa besar Korelasi Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMPN 3 Sampang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan analisis data statistik dengan tekhnik product moment yang sifatnya
adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel
yang lain, dalam hal ini adalah mencari korelasi hasil belajar pendidikan agama
Islam terhadap perilaku siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMPN 3 Sampang yang
berjumlah 690 siswa, karena populasi ini lebih dari 100 maka pelaksanaan
penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel, dengan cara stratified
random sampling karena terdiri dari tingkatan-tingkatan atau strata, dengan
mengambil 10% dari 690 siswa yaitu 70 siswa. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data variabel X adalah dokumentasi nilai raport PAI dan data
variabel Y adalah angket. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi
adalah sebagai instrumen penunjang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Korelasi Hasil Belajar Pendidikan
Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMPN 3 Sampang dampaknya tidak
cukup signifikan. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar Korelasi Hasil
Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMPN 3 Sampang,
yaitu sebesar 0,098. Hal ini apabila dikorelasikan dengan “r” tabel maka nilai
0,098 berada pada interval 0,00-0,20 dengan interpretasi sangat lemah atau sangat
rendah sehingga korelasi itu diabaikan (dianggap tidak ada korelasi antara
variabel X dan variabel Y).
Tidak tersedia versi lain