Text
STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWI DI MA MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
Nama : Siti Nur Amaliya judul : Strategi Pembelajaran Guru Fiqih Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswi Di MA Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Moh.
Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru Fiqih dan Minat Belajar
Tidak fokusnya siswi dalam mendengarkan pembelajaran, hal ini diduga
karena kurang optimalnya guru Aqidah Akhlak dalam merancang strategi
pembelajaran yang baik sehingga pembelajaran terlihat monoton dan
membosankan. Faktor tersebut menyebabkan siswi kurang memperhatikan guru
dan berbicara sendiri pada waktu pembelajaran sedang berlangsung, sehingga
tidak ada kegairahan dan timbul minat belajar dari dalam siswi tersebut.
Ada dua fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu : (1)
Strategi pembelajaran guru Fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswi di MA
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. (2) Faktor yang menjadi pendukung dan
penghambat pengimplementasian strategi pembelajaran guru Fiqih dalam
meningkatkan minat belajar siswi di MA Matsaratul Huda Panempan pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
karena data yang diperoleh berupa kata-kata bukan angka. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Informannya adalah Guru Fiqih, Kepala Sekolah dan Siswi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melaui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan/keajengan pengamatan, triangulasi dan kecakupan
referensi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa strategi pembelajaran yang
diimplementasikan oleh guru fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswi di
MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan adalah strategi pembelajaran
ekspositori dan strategi pembelajaran kontekstual (CTL). Sedangkan faktor yang
menjadi pendukung pengimplementasian strategi pembelajaran guru fiqih dalam
meningkatkan minat belajar siswi di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
diantaranya fasilitas sekolah, berbagi pengetahuan, respon baik yang diberikan
oleh siswi dan faktor yang menjadi penghambat pengimplementasian strategi guru
fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswi di MA Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan adalah kurang luasnya pemahaman siswi terhadap materi karena
hanya berpatokan pada buku LKS, tidak kondusifnya kelas serta terbatasnya
media yang bisa digunakan.
Tidak tersedia versi lain