Text
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUS SHOBAH GAPURANA TALANGO SUMENEP
Taufikur Rahman, 2016, “Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Shobah Gapurana Talango Sumenep”,
Skripsi, Program studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing :
Dr. Siswanto, M.Pd.I.
4Kata kunci : Partisipasi Masyarakat, Peningkatan Mutu Pendidikan
Semakin tingginya kehidupan sosial masyarakat dan semakin tingginya
ilmu pengetahuan telah menyebabkan tuntutan kebutuhan sosial turut meningkat.
Pada akhirnya, tuntutan tersebut bermuara pada pendidikan karena masyarakat
meyakini bahwa pendidikan mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai
tantangan tersebut. Oleh karena itu Pendidikan perlu perubahan yang dapat
dilakukan melalui perubahan dan peningkatan dalam pengelolaan atau manajemen
pendidikan disekolah Perubahan tersebut tentunya harus disertai oleh dukungan
masyarakat yang ada pada lingkungan lembaga pendidikan tersebut serta wali
murid.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana hubungan Madrasah
Ibtidaiyah Nurus Shobah dengan Masyarakat sekitar; kedua, apa saja bentuk
partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah
Ibtidaiyah Nurus Shobah; ketiga, bagaimana peningkatan mutu pendidikan
melalui partisipasi masayarakat di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Shobah Gapurana
Talango Sumenep.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Ketua Yayasan, Kepala Madrasah, Komite, Humasy, Guru,
dan Wali Murid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hubungan Madrasah
Ibtidaiyah Nurus Shobah dengan masyaraka sekitar cukup baik, masyarakat cukup
mendukung terhadap mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Shobah;
kedua, bentuk-bentuk partisipasi masyarakat terhadap Madrasah Ibtidaiyah Nurus
Shobah bermacam-macam ada yang berupa materi seperti dana atau barang
berupa bahan bangunan dan ada juga yang berupa non materi seperti dukungan
atau saran; ketiga, mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Shobah cukup
bagus, hal ini bisa dilihat dari segi jumlah murid yang masih dapat bersaing
dengan lembaga lain yang sudah negeri, selain itu madrasah ini juga masih
mampu menciptakan lulusan yang bermutu, karena masih ada alumni yang
mampu melanjutkan pendidikanya ke sekolah favorit, walaupun ini hanya
sebagian. Dan ini terjadi karena adanya dukungan dari masyarakat sekitar yang
selalu mendukung terhadap mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurus
Shobah.
Tidak tersedia versi lain