Text
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA DI SMPN 1 PAMEKASAN
Riskiyatul Aini, 2017, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama
Islam terhadap kemampuan psikomotorik siswa di SMPN 1 Pademawu, Skripsi,
Jurusan Tarbiyah, Prodi PAI, Pembimbing Dr. Siswanto, M. Pd. I.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Kemampuan Psikomotorik
Dalam proses belajar mengajar peran seorang Guru/Pendidik sangatlah
penting, yang salah satunya didukung dengan memiliki kompetensi pedagogik,
pembelajaran akan berjalan efektif dan akan mencapai tujuan yang diinginkan
apabila pendidik memiliki kemampuan mengelola pembelajaran secara baik.
Ada dua permasalahan yang akan menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini. Pertama, ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan
agama islam (PAI) terhadap kemampauan psikomotorik siswa di SMPN 1
Pademawu. Yang kedua, seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru
pendidikan agama islam (PAI) terhadap kemampuan psikomotorik siswa di
SMPN 1 Pademawu.
Didalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekaatan kuantitatif
korelasional. Sumber penelitiannya ialah guru dan siswa. Dan populasi dalam
penelitian ini seluruh siswa kelas VII dan VIII SMPN 1 Pademawu yang
berjumlah 414 siswa dan jumlah sampelnya 82 siswa dari 20% populasi. Tehnik
pengambilan sampelnya ialah Stratified Proporsional Random Sampling.
Instrument yang digunakan adalah angket yang merupakan instrument utama,
serta dokumentasi dan observasi sebagai instrument pendukungya. Pengumpulan
data berlangsung selama 1 bulan, mulai tanggal 3 Januari 2017 sampai tanggal 4
Februari 2017. Sedangkan teknik analisis yang digunakan ialah analisis statistik
dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kompetensi pedagogik guru
pendidikan agama islam berpengaruh terhadap kemamapuan psikomotorik siswa
di SMPN 1 Pademawu dengan interpretasi cukup. Hal ini terbukti dari hasil
analisis statistik yang menunjukkan nilai r kerja (0,605) lebih besar dari harga
product moment, baik pada interval 95% (0,220) maupun pada interval 99%
(0,286) dimana N=80.Dan setelah nilai r kerja dikonsultasikan dengan tabel
interpretasi, nilai r berada pada 0,600 sampai dengan 0,800 yang berarti
menunjukkan interpretasi cukup.
Tidak tersedia versi lain