Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 PAMEKASAN
Dalam penelitian ini, maka ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi guru pendidikan agama islam untuk meningkatkan minat baca pada buku pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Pamekasan. kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukung guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat baca pada buku pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Pamekasan. Ketiga, bagaimana cara menanggulangi hambatan guru dalam meningkatkan minat baca pada buku pendidika agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, serta siswa dan siswi di SMP Negeri 8 Pamekasan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang dilakukan peneliti melalui, observasi yang diperdalam, triangulasi, uraian rinci,
Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi menunjukkan bahwa: Pertama, strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat baca pada buku pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Pamekasan yaitu, 1) . Ketika waktu pelajaran berlangsung ataupun ditengah pembelajaran guru memberikan waktu untuk membaca buku yang diajarkan,2 ). Guru juga memberikan tugas untuk membaca buku tentang keagamaan ketika ada jam kosong ditambah dengan tugas untuk keperpustakaan
Kedua,faktor penghambat dan pendukung strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat baca pada buku pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Pamekasan yaitu: 1) Dari siswa itu sendiri yaitu sifat malas dimana ketika guru menerangkan anak-anak banyak yang tidak mendengarkan dan tidak membaca guru mengajar, b) Ketika di rumah seperti kurang peran dan perhatian orang tua, orang tua menyuruh anak untuk membaca itu kurang optimal. Sedangkan faktor pendukungnya yaitua; 1) fasilitas yang memadai, 2) kerjasama guru dengan murid dalam pembelajaran.
Ketiga, cara menanggulangi hambatan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat baca pada buku pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 pamekasan yaitu: 1). Guru memberikan support,nasehat maupun motivasi terhadap para siswanya untuk bisa mempunyai minat baca tinggi terutama dalam buku hal keagamaan 2) Guru memberikan pembelajaran dengan kreatif yaitu dengan menggunakan metode-metode tertentu yang sudah dijelaskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun silabus dan tugas untuk membaca di perpustakaan ketika tidak ada gurunya.
Tidak tersedia versi lain