Text
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan
Hariri Al Ghazir, 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan, Skripsi, Program Study Pedidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing : Moh. Hafid Effendy,M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi Belajar siswa, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Pamekasan. Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok penelitian ini, Pertama, bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi pada tahap perencanaan pembelajaran? Kedua, bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi pada tahap pelaksanaan pembelajaran? dan Ketiga, faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran Akidah Akhlak melalui Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi?
Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian dalam skripsi ini di MAN Pamekasan yang berjarak 1,8 KM dari jantung kota dan tepat berada di Jalan K.H Wahid Hasyim Lawangan Daya Pamekasan. Sumber data diperoleh dari Kepala Madrasah, Guru pengampu Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas X, siswa Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan, dan dokumentasi yang berhubungan dengan media pembelajaran. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti melalui dua siklus yaitu siklus I terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Kemudian dilanjutkan pada siklus II yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Adapun tahapan-tahapan dalam analisis data antara lain, (1) Reduksi Data, dimana dalam mereduksi data ini peneliti melakukan pengecekan, pengelompokan, dan pengkodean, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan dan Verifikasi Data.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dapat disimpulkan bahwa : Pertama, Cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada tahap perencanaan adalah mencantumkan penerapan media teknologi informasi pada komponen “Media, Alat dan Sumber Belajar” pada salah satu komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan menyusun alat evaluasi. Kedua, Cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada tahap pelaksanaan adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi beserta komponennya pada kegiatan inti. Adapun hasil skor pada Siklus I 75% dan Siklus II 88%. Ketiga, Faktor yang mendukung proses pembelajaran akidah akhlak melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi adalah sarana dan prasarana yang memadai, kretifitas guru,dan terbiasanya siswa dengan media teknologi informasi. Adapun faktor yang menghambatnya antara lain ganguan pada media, kretifitas guru dan keadaan peserta didik yang tidak siap menerima pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain