Text
Pendidikan Etika Pada Anak Komunitas Nelayan di Musholla Nurul Ghomam di Desa Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Muizzatul Hidayati , 2017, Pendidikan Etika Pada Anak Komunitas Nelayan di
Musholla Nurul Ghomam di Desa Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan. Skripsi,
Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI. Dr.H. Mohammad Kosim M,Ag.
Kata kunci: Pendidikan, Etika, Lembaga Pendidikan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa macam metode yang
digunakan oleh para asatidz dalam menerapkan pendidikan etika kepada para
santri dan adanya beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan
pendidikan etika oleh santri serta penulis berusaha mencari solusi dari faktor yang
menghambat penerapan pedidikan etika tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaiaman penerapan pendidikan
etika pada anak komunitas nelayan di Musholla Nurul Ghomam desa Branta
Pesisir?Kedua, Apa saja faktor yang menjadi hambatan pada pendidikan etika
pada anak komunitas nelayan di Musholla Nurul Ghomam desa Branta
Pesisir?Ketiga, Bacara mengatasi hambatan pada pendidikan etikaq pada aqnqak
komunitaqs nelayan di Musholla Nurul Ghomam desa Branta Pesisir?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya melalui pengasuh, asatidz,dan santri. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan pendidikan
etika pada anak komunitas nelayan di Musholla Nurul Ghamam di Branta Pesisir
dilakukan melalui keteladanan, kebiasaan, dan nasehat kepada para santri di
Musholla Nurul Ghomam di Branta Pesisir. Kedua, Faktoryang
menghambatpenerapanpendidikanetikapada anak komunitas nelayan di Musholla
NurulGhamam di BrantaPesisir. Faktor yang
pertamayaitufaktordaridalamataudaridirianakitusendiri.Tidaksemuasantri yang
mengajilangsungpatuhterhadapapa yang
sudahparaustadajarkanadajugasebagiansantri yang bandel,
halinidisebabkanolehkaraktermereka yang berbada-beda. Faktor yang
keduayaitufaktordariluar.Adapunfaktordariluaradalahlingkungan,
baikitulingkungankeluargadanlingkungantempatanak-anakberinteraksi,
termasukjugatontonan yang merekalihat.Ketiga, Solusidalam penerapan
pendidikan etika pada anak komunitas nelayan di Musholla NurulGhamam di
BrantaPesisiryaitupertama, denganmemberikanmotivasikepadaparasantri agar
merekamemilikidoronganuntukselaluberetikadenganbaik. Kedua, usaha yang
maksimaldariparaasatidzdalammemberikanbimbingandanarahankepadaparasantri.
Ketiga, perluadanyakerjasamaantaraparaasatidzdenganmasyarakatdan orang
Tidak tersedia versi lain