Text
PENGGUNAAN PENILAIAN PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PAI SISWA DI SMPN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Di SMPN 1 Pamekasan langkah-langkah guru dalam
mengembangkan instrumen penilaian praktik yaitu dengan mengukur
kemampuan siswa dan merumuskan aspek-aspek yang akan dinilai dalam
instrumen penilaian. Menentukan kesahihan instrumen penilaian praktik
yaitu dengan cara melihat hasil dari penilaian praktik, jika hasilnya sesuai
dengan tujuan penilaian yang dirumuskan maka instrumen tersebut sahih
atau tepat. Kelebihan instrumen penilaian praktik dapat mengukur
kemampuan siswa secara langsung, dan kelemahannya dalam menilai
membutuhkan kecermatan tinggi. Di SMPN 1 Pamekasan guru melakukan
penilaian praktik dengan cara menjelaskan materi pelajaran,
mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan saat penilaian, kemudian menyusun
instrumen penilaian. Guru mencegah kesalahan saat penilaian dengan
merumuskan aspek penilaian dan melaksanakan penilaian dengan sangat
teliti. Kendala yang ditemui saat penilaian seperti siswa tidak
mendengarkan penjelasan guru dan kurang fasih dalam menghafalkan.
Upaya dalam mengatasi suatu kendala yaitu dengan memberikan
bimbingan setiap pertemuan jam pelajaran PAI. Dengan penilaian praktik
di SMPN 1 Pamekasan rata-rata siswa mampu mencapai kompetensi dasar.
Mengelompokkan siswa dan membimbing siswa yang belum mencapai
kompetensi dasar.
Katakunci: instrumen penilaian praktik, penguasaan materi, pendidikan agama
Islam
Tidak tersedia versi lain