Text
KETELADANAN GURU DI MTS RAUDLATUL MUTA'ALLIMIN DESA BANDARAN TLANAKAN PAMEKASAN
Efendi, 2016, Keteladanan Guru di MTs Raudlatul Muta’allimin Desa Bandaran
Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah: Pembimbing:
Kata kunci: Keteladanan Guru
Keteladanan Guru di MTs Raudlatul Muta’allimin Desa Bandaran
Tlanakan Pamekasan merupakan upaya guru dalam miningkatkan akhlak peserta
didik, guru menjadi teladan atau panutan yang baik untuk anak didiknya dengan
membimbing agar tidak hanya cerdas dalam bidang ilmu pengetahuan saja tetapi
juga berakhlakul karimah.
Penelitian ini difokuskan pada: (1) Bagaimana perilaku Guru di Mts
Raudlatul Muta’allimin Desa Bandaran Tlanakan Pamekasan? (2) Bagaimana
Strategi guru dalam mengaplikasikan Keteladanan Guru di Mts Raudlatul
Muta’allimin Desa Bandaran Tlanakan Pamekasan? Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan Bagaimana prilaku Guru di Mts Raudlatul
Muta’allimin Desa Bandaran Tlanakan Pamekasan. (2) Untuk Mengetahui strategi
Keteladanan Guru Apa Saja Yang dapat diaplikasikan di Mts Raudlatul
Muta’allimin Desa Bandaran Tlanakan Pamekasan.
Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah Madrasah Tsanawiyah
Raudlatul Muta’allimin Desa Bandaran Tlanakan Pamekasan. Pendekatan
penelitianya menggunakan penedekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang
bersifat deskriptif, dan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sumber data di peroleh dari kepala sekolah, guru PAI (guru fiqih,
guru sejarah kebudayaan islam, guru Al-qur’an Hadist, guru bahasa arab, guru
aqidah akhlak) dan siswa kelas VIII. Untuk mengetahui data yang dikumpulkan
dalam penelitian ini benar-benar valid, peneliti melakukan cheking, organizig dan
coding.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: Perilaku Guru di MTs
Raudlatul Muta’allimin Desa Bandaran Tlanakan Pamekasan guru merupakan
seseorang yang akan di tiru dan di gugu oleh anak didik, maka dari itu seorang
guru harus benar-benar mempunyai jiwa keteladanan, dimana keteladanan sangat
diperlukan oleh guru dalam membimbing anak didik, guru tidak semena-mena
dalam mengatur atau memerintah anak didik, guru tidak langsung memberi aturan
terhadap anak didik melainkan guru terlebih dahulu melaksanakan aturan tersebut,
seperti aturan beretika baik, prilaku yang baik, berpakaian rapi, berdasi. Kedua,
Strategi dalam mengaplikasikan keteladanan dengan adanya rapat pembinaan guru
dimana rapat tersebut diselenggarakan oleh Kepala sekolah. Kepala sekola
Tidak tersedia versi lain