Text
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM BANYUANYAR POTOAN DAYA PALENGAAN PAMEKASAN.
Moh. Fadli Zeyyedi Hafid. 2016. “Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Potoan
Daya Kecamatan Palenggaan Kabupaten Pamekasan. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan,
Pembimbing: Dr. Buna’i. S.Ag. M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Kepala sekolah, Meningkatkan mutu pendidikan.
Peningkatan kualitas pendidikan sangat menekankan pentingnya peranan
kepala sekolah sebagai pelaku dasar utama yang otonom didalam lembaga
pendidikan. Kepala sekolah perlu diberikan kepercayaan serta dukungan untuk
mengatur dan mengurus lembaga pendidikan. Sekolah sebagai institusi otonom
diberikan peluang untuk mengelola dalam proses koordinasi untuk mencapai
tujuan-tujuan pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian
dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana kinerja kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar
Potoan Daya Kecamatan Palengaan kabupaten Pamekasan? Kedua, Apa saja
faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar
Potoan Daya Kecamatan Palengaan kabupaten Pamekasan? Ketiga, Bagaimana
Dampak dari upaya kepala sekolah dalam maningkatkan mutu pendidikan di
Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Kecamatan Palengaan
kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh
dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya yaitu,
Kepala Madrasah , waka kurikulum, guru dan siswa. Adapun teknik analisis
datanya menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data sedangkan
tehnik pengecekan keabsahan datanya melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Kinerja kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Darul Ulum Banyuanyar Potoan
Daya Palengaan Pamekasan dengan meningkatkan profesional guru (
kedisiplinan, pengetahuan dan kualitas guru) dengan cara mengikut sertakan guru
dalam workshop dan beberapa pelatihan, meningkatkan prestasi akademik dan
non akademik siswa, meningkatkan prestasi nilai Ujian Nasional (UN) dan
prestasi nilai Ujian Sekolah (US) dengan cara melaksanakan bimbingan belajar
serta meningkatkan sarana prasarana Madrasah.
Kedua, Adapun faktor pendukung upaya kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MA Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya
Palengaan Pamekasan yaitu Tenaga pendidik sebagian besar berkualifikasi
pendidikan S1, program pembelajaran dan pembagian tugas yang jelas, sarana
prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran, serta dukungan yang besar
dari Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Sedangkan faktor penghambat dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MA Darul Ulum Banyuanyar Poto’an Daya
Palengaan Pamekasan adalah masih minimnya kemampuan guru dalam mengelola
Tidak tersedia versi lain