Text
Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Ahmad Hamdan Syarofi, 2017, Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Blumbungan II Kecamatan Larangan
Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd
Kata Kunci: Peran Guru, Pengelolaan Kelas, Pendidikan Agama Islam
Pengelolaan kelas merupakan usaha menciptakan, memelihara serta
mengendalikan iklim belajar yang optimal. Dan hal itu perlu diperhatikan oleh
guru agar proses pembelajaran berjalan dengan kondusif. Sehingga dengan
demikian seorang guru perlu mengadakan pengelolaan kelas agar tercipta suasana
pembelajaran yang kondusif.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama,
bagaimana peran guru dalam dalam mengelola kelas pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN Blumbungan II Kecamatan Larangan
Kabupaten Pamekasan. Kedua, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat
guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SDN Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Ketiga, Apa
upaya guru dalam menghadapi hambatan dalam pengelolaan kelas pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Blumbungan II Kecamatan Larangan
Kabupaten Pamekasan.
Adapun yang menjadi fokus lokasi penelitian dalam skripsi ini adalah SDN
Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan pada kelas IV, V,
dan VI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh dari guru PAI, kepala sekolah, dan juga siswa. Teknik
pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah non statistik, dalam penelitian ini yang
dianalisis adalah data yang terhimpun dalam transkip wawancara, catatan
lapangan serta dokumen. Adapun tahapan-tahapan analisis data dalam penelitian
ini adalah 1) Reduksi Data yang meliputi Checking, Organizing, dan Coding. 2)
Penyajian Data, dan 3) Menarik Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) peran guru dalam pengelolaan
kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Blumbungan II
Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan berjalan dengan baik. Adapun peran
yang dilakukan guru pertama, dengan menggunakan variasi metode mengajar,
diantaranya melakukan diskusi kelompok kecil, pemberian tugas, dan menulis
serta menghafal ayat al-Qur’an. Kedua, mengubah posisi tempat duduk dari
bentuk kelas tradisional menjadi bentuk formasi corak tim. Ketiga, sikap guru
dalam mengajar, seperti halnya dengan selalu memberikan perhatian,
kelemahlembutan, motivasi, serta apresiasi terhadap hasil kerja siswa dalam setiap
proses pembelajaran, karena dengan sikap baik yang ditampilkan guru dapat
mempermudah guru dalam mengelola kelas 2) faktor yang mendukung dan
menghambat guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran PAI di SDN
vi
Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan diantaranya faktor
pendukungnya adalah media dan fasilitas kelas yang cukup memadai, perangkat
pembelajaran, kondisi siswa yang mudah diatur dan mampu mengikuti proses
pemebelajaran dengan baik, suasana kelas, dan juga kekretifan dan kesiapan guru
dalam mengelola kelas. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya
kemampuan beberapa guru PAI dalam menggunakan berbagai strategi
pembelajaran, kurang siapnya siswa untuk belajar, dan terbatasnya jam KBM.
Walaupun demikian penghambat tersebut tidak terlalu dominan karena bersifat
sementara. Adapun upaya yang bisa dilakukan guru untuk mempertahankan
kondisi kelas adalah dengan cara menegur, mengajukan pertanyaan, dan
menasihati siswa yang kurang memperhatikan pelajaran serta memberikan
perhatian yang lebih kepada siswa. Selain itu juga, dengan cara bercerita dan
menggunakan metode lain yang sesuai dengan situasi kelas.
Sehingga dengan demikian diharapkan dari hasil penelitian ini bisa menjadi
bahan masukan bagi seluruh civitas akademis pada umumnya dan di SDN
Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan pada khususnya
untuk lebih profesional dan kreatif dalam mengelola kelas dengan berbagai
pendekatan dan strategi pembelajaran yang perlu dikuasai. Karena pengelolaan
kelas sangat diperlukan dalam proses pembelajaran dan sangat menentukan masa
Tidak tersedia versi lain