Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AL-ANSHARIYAH PAMOROH KADUR PAMEKASAN.
Achmadi,
2016, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dalam Uapaya
Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Di Sma Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan,
skripsi jurusan tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan,
pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata kunci
: Pembelajaran Kooperatif
Ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitan ini,
Pertama, penerapan pembelajaran kooperatif dalam uapaya meningkatkan
keaktifan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Al-
Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan.
Kedua, kendala penerapan pembelajaran kooperatif dalam upaya meningkatkan
keaktifan siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Al-
Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif karena penelitian kualitatif merupakan sebuah penelitian
yang harus mengungkapkan keadaan yang bersifat alamiyah (kenyataan) secara
utuh. Dalam pendekatan penelitian ini peneliti menggunakan jenis fenomenologis.
Peneliti sangat tertarik dengan penelitian kualitatif karena adanya keobjektifan
data sesuai dengan realita sebenarnya tanpa ada intervensi dari luar bahkan dari
peneliti itu sendiri, sehingga data yang dideskrifsikan betul-betul alami bukan
rekayasa.
Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut : pertama,
penerapan pembelajaran kooperatif dalam uapay meningkatkan keaktifan siswa
dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Al-Anshariyah Pamoroh
Kadur Pamekasan adalah pembentukan kelompok-kelompok kecil dalam kegiatan
pembelajaran disetiap pemberian tugas-tugas tertentu upaya memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensinya secara mandiri dan
bagi siswa yang berkemampuan tinggi untuk menjadi sumber belajar bagi siswa
lainya dan juga kemampuan bekerjama sama dalam menyelesaikan tugas-tugas
kelompok yang telah ditentukan serta menumbuhkan sikap menerima terhadap
kekurangan diri dan orang lain.
Kedua, kendala penerapan pembelajaran kooperatif dalam uapaya
meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMA Al-Anshariyah Pamoroh Kadur Pamekasan adalah ketika salah satu dari
siswa tidak mau kerja sama dengan kelompoknya dan kurang beradaptasi,
sehingga perlu adanya pemberian sanksi ilmiyah dan motivasi serta dorongan
secara terus-menerus untuk menyadarkan dan membangkitkan kembali semangat
belajarnya.
Tidak tersedia versi lain