Text
Upaya Lembaga Pendidikan Islam Al-Azhar Dalam Meningkatkan Perkembangan Keberagamaan Masyarakat Di Desa Moncek Tengah Lenteng Sumenep
Kata Kunci : Lembaga Pendidikan Islam, Keberagamaan masyarakat
Lembaga Pendidikan Islam menjadi institusi yang memiliki kepercayaan
moral (moral trust) sangat besar yang diberikan oleh masyarakat. Dengan
kekuatan moral ini, lembaga pendidikan Islam tidak saja dianggap sebagai
medium pengembangan wawasan atau pengetahuan keIslaman, akan tetapi juga
katub pengaman moral atas perkembangan dan perubahan zaman yang bila tidak
diantisipasi secara kreatif bisa saja berpotensi memunculkan dampak negatif bagi
masyarakat. Orientasi pembelajaran agama selama ini masih terletak pada to have
religion, bukan to have relegius yang masih menekankan sifat kesalehan individu
daripada kesalehan sosial. Hal tersebut berakibat pada banyaknya orang yang
beragama namun kurang mencerminkan sikap-sikap keimanan dan ketaqwaan,
meski pada sisi lain ada juga orang yang kurang beragama tapi perilaku hidupnya
lebih mencerminkan nilai-nilai keshalehan sosial. Disinilah arti pentingnya peran
dan upaya lembaga Pendidikan Islam terkait dengan kesadaran masyarakat dalam
kehidupan beragamanya.
Ada dua permasalahan yang dijadikan sebagai fokus dalam penelitian
skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana upaya lembaga pendidikan Islam Al-Azhar dalam
meningkatkan perkembangan keberagamaan masyarakat di desa Moncek Tengah
Lenteng Sumenep. 2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat
upaya lembaga pendidikan Islam Al-Azhar dalam meningkatkan perkembangan
keberagamaan masyarakat di desa Moncek Tengah Lenteng Sumenep
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus
yang diteliti secara subjektif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi dengan sumber informan adalah ketua yayasan,
kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, kepala desa, dan tokoh
masyarakat. Teknik pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan,
triangulasi dan uraian rinci. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
Hasilnya adalah bahwa upaya Lembaga Pendidikan Islam Al-Azhar dalam
meningkatkan perkembangan keberagamaan masyarakat di Desa Moncek Tengah
Lenteng Sumenep adalah dengan membentuk forum atau organisasi masyarakat,
memperkuat konsep ta’lim, ta’dib dan tarbiyah, pembinaan ibadah amaliyah baik
yang berhubungan dengan Allah SWT, sesama manusia, atau dengan alam,
bimbingan dan pengajian kitab, Istighasah, dan sebagai penguatan misi
kelembagaan. Faktor yang mendukung dalam meningkatkan perkembangan
keberagamaan masyarakat di desa Moncek Tengah adalah: menggunakan media
teknologi, peran dan dukungan dari orang tua dan masyarakat, keperdulian dan
kebijakan yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Islam. Sedangkan faktor
yang menghambat adalah: kurangnya kesadaran masyarakat dalam beragama,
masih lemahnya dukungan masyarakat, yang hal itu disebabkan oleh rendahnya
1pendidikan mereka, masuknya dunia barat dan pengaruh teknologi dan informasi
yang semakin canggih, serta gaya hidup yang keliru
Tidak tersedia versi lain