Text
Problematika kreativitas guru yang bersertifikasi di SMP Plus AL Irohimy desa. Bangkes kec. Kadur kab. Pamekasan
Umarul faruq, 2016, problematika kreativitas guru yang bersertifikasi di SMP
Plus AL Irohimy desa. Bangkes kec. Kadur kab. Pamekasan, skiprisi
jurusan tarbiyah, program studi pendidikan agama islam, sekolah tinggi
agama islam negeri pamekasan, pembimbing: Fathol Haliq, M. Si.
Kata kunci : Kreativitas Guru, Sertifikasi.
Terdapat dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian yaitu: 1)
Bagaimana kreativitas guru yang bersertifikasi di SMP Plus Al Ibrohimy Desa.
Bangkes Kec. Kadur Kab. Pamekasan. 2) Bagaimana upaya guru yang
bersertifikasi dalam mengatasi kesulitan kreativitas mengajar di SMP Plus Al
Ibrohimy Desa. Bangkes Kec. Kadur Kab. Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Adapun yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru yang
bersertifikasi serta siswa SMP Plus Al Ibrohimy. Sedangkan penegecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan
pengamatan, triangulasi dan uraian rinci. Pengumpulan data ini berlangsun mulai
tanggal 29 Maret sampai 30 April 2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kreativitas guru yang
bersertifikasi di SMP Plus Al Ibrohimy dilakukan dengan penggunaan metode
branded dalam mengajar serta kombinasi bahan ajar. Metode branded dilakukan
untuk menghilangkan rasa jenuh pada siswa dalam belajar, adapun kombinasi
bahan ajar dilakukan supaya memperluas sumber belajar siswa. Kedua upaya guru
yang bersertifikasi dalam mengatasi kesulitan kreatifitas mengajar yaitu dengan
dengan dua cara yang pertama dari diri guru itu sendiri artinya setiap guru
memeiliki cara tersendiri dalam mengatasi setiap kesulitan yang dihadapi dan
yang kedua dengan ikut serta dalam kegiatan MGMP (musyawarah guru mata
pelajaran) yang diadakan setiap satu bulan satu kali.
Tidak tersedia versi lain