Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII C Dan D DI SMP NEGERI 1 PADEMAWU
ABSTRAK
Kamilatur rahmah, upaya guru PAI dalam mengatasi siswa kesulitan belajar membaca al-qur’an
kelas VIII C dan D di SMP Negeri 1 Pademawu, skripsi, program studi PAI, jurusan tarbiyah,
pembimbing Dr. Edi Susanto, M.FIL.I.
Kata Kunci: guru pendidikan agama islam, kesulitan belajar membaca al-qur’an
Setiap siswa pada prinsipnya harus bisa membaca al-qur’an. Tetapi tidak sedikit di
jumpai banyak peserta didik SMP khususnya, yang tidak bisa membaca al-qur’an. Sehingga
penanaman nilai moral keagamaan pada anak yang seharusnya bisa di tanamkan sejak dini tidak
bisa di tanamkan. Sebagai contohnya di SMP Negeri 1Pademawu, banyak kasus anak yang tidak
bisa membaca al-qur’an. Oleh sebab itu timbullah pemikiran untuk mengatasi kesulitan belajar
membaca al-qur’an di sekolah tersebut. Dari hal tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti
tentang” upaya guru PAI dalam mengatasi siswa kesulitan belajar membaca al-qur’an kelas VIII
C dan D di SMP Negeri 1 Pademawu.
Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah upaya-upaya yang dilakukan guru PAI
dalam mengatasi siswa kesulitan membaca al-qur’an, kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII C
dan D dalam membaca al-qur’an tersebut. serta, faktor penghambat dan pendukung dalam
mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur’an.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru
PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur’an dan kesulitan yang dihadapi siswa
kelas VIII C dan D dalam membaca al-qur’an. serta untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar membca al-qur’an di SMP Negeri 1 Pademawu.
Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang upaya guru PAI dalam
mengatasi siswa kesulitan belajar membaca al-qur’an di SMP Negeri 1 Pademawu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek di SMP Negeri 1
Pademawu. Meted wawancara, observasi participant serta dokumentasi digunakan dalam
pengambilan data di lapangan. Sedangkan metode analisis yang digunakan ialah deskriptif
kualitatif yakni pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkn bahwa: upayaupaya
yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur’an tersebut, antara lain:
a). metode tradisional, b). metode iqra’, c). metode qiroati. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam
membaca al-qur’an di SMP Negeri 1 Pademawu berupa: a). lemahnya pemahaman siswa
terhadap huruf hijaiyah, b). kurangnya perhatian orang tua terhadap anak. Faktor pendukung
dalam pelaksanaan tersebut antara lain : a). tersedianya sarana pembelajaran al-qur’an, b).
terdapatnya siswa yang lebih pintar dalam setiap kelompok.
Tidak tersedia versi lain