Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Pt Prudential Life Assurance Cabang Pamekasan Terhadap Loyalitas Nasabah Prusyariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Interverning
ABSTRAK
Zahratul Aini, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Pt Prudential Life Assurance Cabang Pamekasan Terhadap Loyalitas Nasabah Prusyariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Interverning, Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah (PBS), Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: DR. Sri Handayani, MM
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah.
Salah satu produk asuransi syariah yang fenomenal adalah produk unit link syariah, dimana banyak diminati masyarakat Indonesia dan masih mendominasi di bisnis asuransi pada tahun 2016. Perusahaan asuransi yang memiliki andil dalam upaya memperkenalkan produk unit link di Indonesia yang pertama yaitu PT. Prudential Life Assurance. Karena produk unit link syariah merupakan produk fenomenal dan banyak diminati oleh masyarakat maka PT Prudential Life Assurance menciptakan produk unit link syariah yang diberi nama PRUsyariah. Dan benar produk PRUsyariah tersebut merupakan salah satu produk unggulan PT Prudential Life Assurance. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna jasa tersebut, terlebih lagi ada beberapa nasabah yang menjadikan keluarganya sebagai nasabah di PT Prudential Life Assurance. Hal ini menandakan tingkat loyalitas nasabah yang tinggi. Layanan merupakan faktor mempengaruhi tingkat loyalitas nasabah. Hal ini diperlukan karena kualitas pelayanan akan memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah?; kedua, bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah?, ketiga, bagaimana peran kepuasan nasabah sebagai variabel penghubung antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Sumber data diperoleh melalui Kuesioner dan dokumentasi, tekhnik sampel yang digunakan yaitu tekhnik accidental sampling dan respondennya adalah nasabah PRUsyariah di PT Prudential Life Assurance.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 61,5% terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat pengaruh yang signifikan secara parsial (uji t) sebesar 6,672 dan tingkat signifikan sebesar 0,01. Kedua, Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan sebesar 78,3% terhadap loyalitas nasabah dengan tingkat pengaruh yang signifignifikan secara parsial (uji t) sebesar 9,916 untuk kualitas pelayanan dan 7,070 untuk kepuasan nasabah dengan tingkat signifikan sebesar 0,01. Ketiga, Hasil analisa intervening menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas nasabah PT. Prudential Life Assurance Cabang Pamekasan melalui kepuasan nasabah, yang dapat dibuktikan dari nilai pengaruh tidak langsung melalui kepuasan nasabah sebesar 0,785 x 0,663 = 0,520 yang lebih besar dibanding pengaruh langsung terhadap Loyalitas nasabah sebesar 0,275
Tidak tersedia versi lain