Text
Upaya Guru Menerapkan Metode Tartila Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Tk Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
ABSTRAK
Sifa Laili 2017. Upaya Guru Menerapkan Metode Tartila Dalam Pembelajaran
Al-Qur’an di Tk Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan,
Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Dr.H. Moh, Muchlis
sholichin.
Kata Kunci: Guru, Metode Tartila, Pembelajaran Al-Qur’an
Ada Dua permasalahan yang menjadi pokok dalam kajian penelitian ini
yaitu: (1) Upaya Guru Menerapkan Metode Tartila dalam pembelajaran Al-Qur’an
di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan? (2) Faktor apa saja
yang menjadi pendukung dan yang menjadi penghambat dalam Penerapan metode
Tartila dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan?
Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis diskriptif, peneliti hadir ke lokasi penelitian untuk
mendapatkan data atau informasi. Dalam kegiatan penelitian ini meliputi
pengumpulan data dengan cara Observasi non partisipan, wawancara terstruktur
kepada guru dan kepala TKQM serta dokumentasi. Dalam proses pengupulan data
melalui langkah-langkah yaitu Reduksi data, penyajian data (display data),
verification. Maka untuk mendapatkan data yang valid dilakukan pengecekan
dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan pertama, Upaya Guru Menerapkan
Metode Tartila dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda
Panempan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan yaitu persiapan dalam
pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Tartila di Taman kanak-kanak Al-Qur’an
Matsaratul Huda Panempan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan berupa
pembuatan PROTA, PROMES, pembuatan dan pengisian RKH, RKM, serta
metode dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. kedua, Faktor yang
menjadi pendukung Penerapan Metode Tartila dalam Pembelajaran Al-Qur’an di
TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Kecamatan Pamekasan Kabupaten
Pamekasan yaitu: “Memberikan motivasi kepada murid dengan memberikan
penilaian angka, memberikan hadiah, memberikan pujian kepada anak-anak dan
lain-lain. Begitu pula, yang paling dominan dan diutamakan dalam hal ini adalah
kesiapan dan kesediaan guru dalam mengajar dengan semaksimal mungkin
memberikan arahan yang baik dan lebih maju kedepannya, tidak lain hanya itu
juga akan tetapi semangat dan kerja sama orang tua dalam menyekolahkan
anaknya betul-betul ingin menjadikan anak yang berguna bagi orang tua serta
nusa dan bangsa. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan
Metode Tartila dalam pembelajaran Al_Qur’an yaitu: anak yang masih belum
fasih dalam membaca Al_Qur’an, jadi untuk menirukan baca’an Murattal guru,
murid masih tersendat-sendat itu karena kurang bimbingan, dengan itu maka di
sekolah TK Al_Qur’an Matsaratul Huda mengadakan les prifat untuk anak yang
kurang fasih dalam bacaannya dan kurang betul tajwid nya, Selain faktor tersebut
juga IQ seorang anak tidak sama, maka dari itu perlu dukungan dari orang tua
agar orang tua juga ikut andil dalam pendidikan anaknya.
vi
Tidak tersedia versi lain