Text
STRATEGI GURU PAI DALAM MENGHADAPI PERBEDAAN INTELEGENSI SISWA DI SMAN 1 PADEMAWU
M. Zainal Arifin, 2016, Strategi Guru PAI dalam menghadapi Perbedaan
Intelegensi Siswa di SMAN 1 Pademawu, Skripsi Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Fathol Haliq, M. Si
Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Intelegensi Siswa.
Belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang bernilai edukatif,
interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang
dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia pendidikan
tentunya setiap siswa mempunyai karakter yang beragam, sehingga dengan hal ini
diperlukan strategi untuk mengahadapi perbedaan tersebut guna mencapai tujuan
yang telah ditetapkan dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana strategi guru PAI
dalam menghadapi perbedaan intelegensi siswa di SMAN 1 Pademawu, kedua,
Apa saja bentuk strategi guru PAI dalam menghadapi perbedaan intelegensi
siswa di SMAN 1 Pademawu, ketiga, Faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat strategi guru PAI dalam menghadapi perbedaan intelegensi siswa-
beda di SMAN 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala SMAN 1 Pademawu
Pamekasan, guru PAI serta siswa SMAN 1 Pademawu Pamekasan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi guru PAI dalam
menghadapi perbedaan intelegensi siswa di SMAN 1 Pademawu yaitu dilakukan
dengan pemberian reward, punishment serta pendekatan pengajaran. Kedua,
bentuk strategi yang digunakan guru PAI yaitu dengan penggunaan variasi metode
mengajar yang bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar,
serta melakukan pendekatan pengajaran yang bertujuan untuk mengetahui dan
memahami karakter masing-masing siswa. Ketiga, faktor pendukung strategi guru
PAI yaitu minat belajar siswa, karena dengan minat siswa lebih antusias dalam
belajar. Adapun faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakter siswa.
Tidak tersedia versi lain