Text
Optimalisasi Penilaian Sikap Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran PAI di SMP Islam Plus Nurul Karomah Desa Buddagan Pademawu Pamekasan
ABSTRAK
Nurrahmah, 2017, Optimalisasi Penilaian Sikap Belajar Siswa dalam Proses
Pembelajaran PAI di SMP Islam Plus Nurul Karomah Desa Buddagan
Pademawu Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing: Drs. Abd. Mukhid, M.pd.
Kata Kunci: Penilaian Sikap Belajar Siswa, Pembelajaran PAI
Seorang guru dituntut untuk bisa membentuk dan memberikan penilaian
yang seimbang pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga tujuan
pendidikan dapat tercapai. Yang terjadi di lapangan ketika melakukan observasi
awal di SMP Islam Plus Nurul Karomah Desa Buddagan Pademawu Pamekasan
bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam tersebut nampak
kurang mengoptimalkan aspek afektif dalam artian bahwa guru PAI di SMP Islam
Plus Nurul Karomah dinilai kurang optimal dalam melakukan penilaian sikap
belajar siswa. Kondisi ini perlu diperbaiki, penilaian sikap/afektif merupakan
suatu hal yang penting (urgen) untuk dilakukan dan deberikanan penekanan yang
seimbang karena hal itu berkaitan dengan sikap/perilaku siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana penilaian guru terhadap
penilaian sikap belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di SMP Islam Plus
Nurul Karomah Desa Buddagan? kedua, Apa saja kendala dalam penilaian sikap
belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di SMP Islam Plus Nurul Karomah
Desa Buddagan? ketiga, Upaya apa saja yang dilakukan guru dalam menghadapi
kendala penilaian sikap belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di SMP
Islam Plus Nurul Karomah Desa Buddagan Pademawu Pamekasan?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Guru kurang optimal
dalam penilaian sikap belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di SMP Islam
Plus Nurul Karomah, walaupun menurut kepala sekolah dianggap cukup. Kedua,
kendala yang dihadapai guru PAI dalam menilai sikap belajar siswa dalam proses
pembelajaran PAI yaitu a). kurang pahamnya guru dalam menilai sikap siswa
sehingga guru tersebut hanya menggunakan satu teknik saja dalam menilai sikap,
b). sulitnya menilai sikap dikarenakan sikap siswa itu yang selalu berubah-ubah.
Ketiga, Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam menilai sikap
siswa agar bisa optimal adalah dengan cara belajar dan berlatih tentang bagaimana
cara menilai sikap siswa sehingga guru tersebut tidak hanya menggunakan satu
teknik saja dalam menilai sikap melainkan melalui banyak teknik agar bisa
optimal dalam menilai sikap
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi langsung,
dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Siswa.
Guru PAI diharapkan untuk selalu belajar dan meningkatkan teknik
penilaian sikapnya. Dan dari hasil penilain sikap tersebut harus di tindak lanjuti
guna untuk pembinaan siswa agar siswa memiliki sikap yang lebih baik
Tidak tersedia versi lain