Text
PERANAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTs. NEGERI PADEMAWU PAMEKASAN.
Imam Ubaidillah, 2016, Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri Pademawu
Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Moh.
Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Ekspositori, Al-Qur’an Hadis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap
judul penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadis di MTs Negeri pademawu. Selain itu juga dikarenakan adanya beberapa
kendala yang dihadapi saat guru menyampaikan materi Al-Qur’an Hadis melalui
strategi ini
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama,
Bagaimana persiapan penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri Pademawu Pamekasan? kedua,
Bagaimana proses penyampaian materi dalam penerapan strategi pembelajaran
ekspositori pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri Pademawu
Pamekasan? ketiga, Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi penerapan strategi
pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri
Pademawu Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya terdiri dari Kepala MTs Negeri Pademawu Pamekasan, WAKA
Kurikulum, guru pengajar Al-Qur’an Hadis dan siswa MTs Negeri Pademawu
Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, observasi yang diperdalam, dan triangulasi.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di lokasi penelitian, dapat
dikemukakan bahwa guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri
Pademawu Pamekasan sudah mempersiapkan penerapan strategi pembelajaran
ekspositori dengan berbagai bentuk, seperti persiapan silabus, RPP, buku paket
Al-Qur’an Hadis dan media pembelajaran, serta juga berkenaan dengan persiapan-
persiapan sebelum penyampaian materi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Adapun proses penyampaian materi dalam penerapan strategi
pembelajaran ekspositori yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadis di MTs
Negeri Pademawu Pamekasan adalah berupa penyajian materi (presentation),
korelasi (correlation), menyimpulkan (generalization), dan mengaplikasikan
(application).
Selain itu, Ada beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan
strategi pembelajaran ekspositori antara lain guru pengajar yang berkompeten,
murid yang memperhatikan, dan yang penting juga adalah media pendukung
pembelajaran itu sendiri serta sumber belajar yang memadai.
Tidak tersedia versi lain