Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Problematika Prestasi Belajar pada Siswa di SMAN 3 Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan pemilihan,
penyederhanaan dan transformasi yang kasar yang muncul dari catatan tertulis di
lapangan, sehingga menjadi lebih fokus sesuai dengan obyek penelitian. Setelah
analisis data dilakukan barulah ditarik kesimpulan. Data yang diperoleh dicek
keabsahannya dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, problematika prestasi
5
belajar yang dialami siswa sangatlah beragam, diantaranya: hilangnya konsentrasi
saat pelajaran berlangsung, kondisi kelas yang gaduh, kejenuhan dalam belajar,
lupa, serta kurangnya media pembelajaran. Kedua, untuk mengatasi problematika
belajar, guru harus mengadakan pendekatan yang bersifat pribadi (personal
approach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekatan
pribadi, guru akan secara langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih
mendalam sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal baik dari tes
tulis dan tes lisan. Seorang guru terhadap muridya sangat penting dalam
membantu menaikkan prestasi siswa, karena jika guru memberikan motivasi,
arahan dan bimbingan kepada siswa, siswa akan tambah bersemangat dalam
belajar.
Tidak tersedia versi lain