Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN ILMU NAHWU DI MADRASAH DINIYAH FADHLATUL ULUM TANJUNG BUMI BANGKALAN
Ach. Syaifurrohman, 2016, Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Ilmu Nahwu Di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran ekspositori
Pendidikan merupakan pemberi corak perjalanan hidup seseorang, hal ini berarti dalam proses pendidikan itu sendiri tidak boleh mengesampingkan proses belajar dan semata-mata berusaha mencapai hasil belajar, akan tetapi bagaimana memperoleh hasil atau proses belajar. Standar proses pendidikan adalah standar pendidikan nasional yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan, dimana dalam proses pendidikan terdapat beberapa strategi pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara optimal. Begitu pula di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan yang memilih menerapkan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran ilmu nahwu kepada para peserta didiknya.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan; kedua, adakah kendala-kendala dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan; ketiga, apa saja yang dilakukan dalam menghadapi kendala-kendala pada penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (File Researh). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengajar ilmu nahwu dan siswa di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan sesuai dengan teori yang ada yaitu: a) persiapan, b) apersepsi, c) penyajian, d) menyimpulkan, e) mengaplikasikan. Kedua, kendala-kendala dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan yaitu adanya perbedaan kemampuan dan tingkat kecerdasan antar siswa dalam mengingat materi yang disampaikan. Ketiga, Cara mengatasi kendala-kendala yang ada dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran di Madrasah Diniyah Fadhlatul Ulum Tanjung Bumi Bangkalan yaitu pihak Madrasah mengambil langkah dengan memberikan tambahan jam pelajaran ilmu nahwu.
Tidak tersedia versi lain