Text
Pengaruh Pengetahuan Konsumen Tentang Koperasi Syariah Terhadap Motivasi Menabung Di KSPPS BMT Al-Iktisab Kebun Baru Pamekasan
ABSTRAK
Maisuroh, 2017, Pengaruh Pengetahuan Konsumen Tentang Koperasi Syariah Terhadap Motivasi Menabung Di KSPPS BMT Al-Iktisab Kebun Baru Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata Kunci : Pengetahuan Konsumen, Motivasi
Pemahaman masyarakat yang masih rendah terhadap operasional koperasi syariah, mereka secara sederhana beranggapan bahwa dengan tidak dijalankannya sistem bunga, koperasi syariah tidak akan memperoleh pendapatan. Konsekuensinya adalah koperasi syariah akan sulit untuk survive. Selain itu Pemahaman yang rendah terhadap lembaga keuangan non bank salah satunya diakibatkan kurang dan masih bersifat parsialnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak lembaga keuangan non bank terhadap prinsip dan sistem ekonomi syariah sehingga mempengaruhi persepsi dan sikap masyarakat terhadap koperasi syariah.
Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pokok penelitian ini yang pertama, Apakah pengetahuan konsumen tentang koperasi syariah berpengaruh terhadap motivasi menabung di KSPPS BMT Al-Iktisab Kebun Baru Pamekasan? dan seberapa besar pengaruh pengetahuan konsumen tentang koperasi syariah terhadap motivasi menabung di KSPPS BMT Al-Iktisab Kebun Baru Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni penelitian dengan menggunakan analisis data statistik atau angka-angka. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Variabel yang dilibatkan ada dua macam, yaitu variabel X dan variabel Y. Yang termasuk variabel X (independent variable) adalah X Pengetahuan Konsumen. Sedangkan variabel Y (dependent variable) adalah Motivasi Menabung. Populasi yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan KSPPS BMT Al-Iktisab Kebun Baru Pamekasan yang berjumlah 2.416 orang. jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 nasabah.
Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung di KSPPS BMT Al-Iktisab Kebun Baru Pamekasan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung 5,530 > t tabel 1,661 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, serta nilai koefisien beta yang bernilai positif. Berdasarkan dari hasil uji koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada kolom R Square diperoleh sebesar 0,245. Hal ini berarti 24,5% variabel motivasi menabung dipengaruhi oleh pengetahuan konsumen. Ini menunjukkan bahwa dari hasil pengetahuan konsumen sangat cukup pengaruhnya terhadap motivasi menabung di KSPPS BMT Al-Iktisab Kebun Baru Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain