Text
Peran agen pemasar dalam upaya meningkatkan minat nasabah pada produk asuransi jiwa syariah di PT. Prudential Cabang Sampang
ABSTRAK
Venya Anggita Laksmi Dewi 2017, Peran anagen pemasar dalam upaya
meningkatkan minat nasabah pada produk asuransi jiwa syariah di PT. Prudential
Cabang Sampang, Program Studi Studi Perbankan Syariah (PBS), Jurusan
Ekonomi dan Bisnis Islam,Pembimbing: Farid Firmansyah, MM.
Kata kunci: peranan agen pemasar dan minat nasabah
Asuransi sebagai salah satu lembaga keuangan yang bergerak di bidang
pertanggungan merupakan institusi yang bersama dengan lembaga keuangan bank
menjadi motor penggerak ekonomi. Keadaan asuransi syariah di Indonesia
mempunyai pangsa pasar tersendiri dalam usaha pengasuransian di Indonesia.
William KuanPresiden PT. Prudential Indonesia mengatakan “asuransi jiwa
syariah memiliki peluan yang luar biasa di Indonesia, melihat beberapa faktor
utama seperti populasi muslim terbesar di dunia. Kesuksesan perusahaan asuransi
bergantung pada kemampuan agen pemasar.
Seorang agen pemasar harus memiliki sikap positif, banyak agen
pemasar kreatif maka banyak pula jalan baginya menuju keberhasilan,
dikarenakan disini cara menjual asuransi yang sedikit berbeda yaitu menjual
resiko dimana hal ini tidak pernah dialami oleh calon nasabah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitiannya deskriptif analisis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah manajer, para agen, karyawan
lainnya, para nasabah dan calon nasabah. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak hal yang harus agen
pemasar perhatikan dan perlu dipraktekkan dengan nyata, karna disini peran agen
sangatlah penting dalam proses akhir dari sebuah penawaran yaitu membeli
produk atau melakukan cloosing.
Banyak sekali pelayanan yang agen pemasar berikan nantinya dapat
mempengaruhi keputuasan akhir para calon nasabah seperti keramahan,
kesopanan, kerapian, kejujuran, keterbukaan, pemahaman akan produk,
penjelasan yang jelas, itu semua sangat berperan penting dalam meningkatkan
minat nasabah pada produk asuransi jiwa syariah, karna memang semuanya
berawal dari agen, agen yang mengenalkan produk pada calon nasabah, agen pula
yang akan tetap melayani para nasabah sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain