Text
Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Keputusan Nasabah dalam Penggunaan Qardhul Hasan di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan
ABSTRAK
Laili Rahmah, 2017,Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Keputusan Nasabah dalam Penggunaan Qardhul Hasan di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi PBS, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil.
Kata kunci: Integrated Marketing Communication (IMC), KeputusanNasabah,QardhulHasan
Lembaga keuangan pada saat ini baik lembaga keuangan konvensional maupun syariah telah banyak beroperasi di wilayah Indonesia. Setiaplembagakeuanganterusmelakukankegiatanpemasaranterhadapproduknyagunameningkatkanresponnasabahdandayasaing,termasuk di KSPPS BMT NuansaUmatcabangGalis.Salah satuupayakegiatanpemasaranuntukmempengaruhinasabahkhususnyadalammemasarkanprodukqardhulhasan, KSPPS BMT NuansaUmatcabangGalismenerapkanbeberapadaribauranintegrated marketing communication (IMC).Permasalahan yang munculyaituapakahadapengaruhintegrated marketing communication(IMC) terhadapkeputusannasabahdalampenggunaanqardhulhasan di KSPPS BMT NuansaUmatcabangGalisPamekasandanbauranintegrated marketing communication (IMC) manakah yang paling dominanberpengaruhterhadapkeputusannasabahdalampenggunaanqardhulhasan di KSPPS BMT NuansaUmatcabangGalisPamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganteknikanalisisregresi linier berganda.Jenis data yang digunakanyaitu data primer yang diperolehmelaluikuesioner.Populasi penelitian yaitu seluruh nasabahqardhulhasan KSPPS BMT NuansaUmatCabangGalisPamekasan yang berjumlah 1600 nasabah dengan menggunakan metode accidental samplingserta penentuan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10%.
Hasilpenelitianmenunjukkanadapengaruhintegrated marketing communication(IMC) terhadap keputusan nasabah dalampenggunaanqardhulhasan di KSPPS BMT NuansaUmatCabangGalisPamekasan. Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar (69,022)> Ftabel sebesar (3,10) yang berarti menerima hipotesis ada pengaruh integrated marketing communication (penjualan personal,hubunganmasyarakatdanpemasarandarimulutkemulut) terhadap keputusannasabahdalampenggunaanqardhulhasan. Hasil uji parsial diperoleh untuk thitung penjualan personal, hubungan masyarakat dan pemasaran dari mulut ke mulut berturut-turut7,204, 2,843 dan 2,647yang lebih besar dari ttabel (1,986) dengan taraf signifikan lebih kecil dari 0,05 yang berarti secara parsial baik penjualan personal, hubungan masyarakat maupun pemasaran dari mulut ke mulut dinyatakan berpengaruh dan signifikan, sehinggapenjualan personal merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam penggunaan qardhul hasan di KSPPS BMT Nuansa Umat cabang Galis Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain