Text
PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA PENINGKATAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MI NURUL ISLAM OMBEN SAMPANG
ABSTRAK
Ismail Madani, 2015. Penerapan Metode Pembiasaan Pada Peningkatan Akhlaqul Karimah Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam Desa Madulang Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag, M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan metode pembiasaan, peningkatan akhlaqul karimah.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, pertama Bagaimanakah Persiapan Penerapan Metode Pembiasaan Pada Peningkatan Akhlaqul Karimah Siswa di MI Nurul Islam Desa Madulang Kec. Omben Kab. Sampang? Kedua Bagaimakah Tahapan - tahapan Pelaksanaan Penerapan Metode Pembiasaan Pada Peningkatan Akhlaqul karimah Siswa di MI Nurul Islam Desa Madulang Kec. Omben Kab. Sampang? Dan ketiga Bagaimanakah hasil dari Penerapan Metode Pembiasaan Pada Peningkatan Akhlaqul karimah Siswa di MI Nurul Islam Desa Madulang Kec. Omben Kab. Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan interview, observasi, dan analisis dokumentasi. Informan dari peneliti ini adalah kepala madrasah, para guru dan siswa yang ada di MI Nurul Islam. teknik yang digunakan untuk mengecek kredibilitas data yaitu perpanjangan kehadiran penelitian, observasi mendalam, uraian rinci dan juga triangulasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan pertama persiapan penerapan metode pembiasaan pada peningkatan akhlaqul karimah siswa di MI Nurul Islam Desa Madulang telah melakukan persiapan-persiapan untuk mempermudah para siswa dalam menerima pembiasaan-pembiasaan yang dijadikan kegiatan rutin dalam kesehariannya.
Kedua, Tahapan-tahapan pelaksanaan penerapan metode pembiasaan pada peningkatan akhlaqul karimah siswa di MI Nurul Islam Desa Madulang Kec. Omben Kab. Sampang, diantaranya adalah 1). Kegiatan rutin. 2). Kegitan spontan. 3). Kegiatan terprogram. 4). Kegiatan keteladanan. Dari keempat tahapan kegiatan tersebut siswa diharapkan mudah dalam menerima pembelajaran dan mudah juga dalam mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya.
Ketiga, hasil dari penerapan metode pembiasaan pada peningkatan akhlaqul karimah siswa di MI Nurul Islam Desa Madulang Kecamatan Omben Kabupaten Sampang ini mengalami peningkatan, terbukti dari siswa yang awalnya enggan mengikuti kegiatan, sekarang sudah aktif, awalnya tidak berjamaah sekarang sudah terbiasa berjamaah, siswanya mulai kondusif dan kebiasaan siswa di Madrasah mulai ada perbaikan, baik dari sikapnya, perkataannya juga nilai-nilai keagamaannya
Tidak tersedia versi lain