Text
MUTU PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN KONANG GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Misnatun, 2015, “Mutu Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Konang Galis Pamekasan” Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag.
Kata Kunci: Mutu, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian skripsi ini, pertama, mutu pembelajaran aqidah akhlak di MIN Konang Galis Pamekasan, kedua, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mutu pembelajaran aqidah akhlak di MIN Konang Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu kegiatan yang meliputi pengumpulan data dalam rangka menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya yang digunakan adalah cheking (pengecekan), organizing (pengelompokan), dan coding (pemberian kode).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mutu pembelajaran aqidah akhlak di MIN Konang Galis Pamekasan: pertama,dari segi pemahaman siswasudah cukup baik terhadap materi pelajaran yang sudah disampaikan. Hanya butuh peningkatan menuju pengelolaan kelas yang lebih baik.Kedua, walaupun hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja sudah cukup baik, akan tetapi perlu ditingkatkan lagi. Ketiga, Keterlibatan siswa siswinya sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Keempat, dari kesesuaian proses pembelajaran dengan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP), pembelajaran aqidah akhlak kurang bermutu atau kurang berkualitas. Karena Terbukti gurunya dalam melaksanakan pembelajaran tidak menggunakan perangkat pembelajaran khusus kelas V (lima) seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lain sebagainya. Sedangkan faktor yang mendukung pembelajaran aqidah akhlak yaitu kurikulum. Faktor penghambatnya dari kemampuan guru dalam menggunakanmedia pembelajaran yang hanya terbatas dan intonasi suara juga kurang jelas.
Tidak tersedia versi lain