Text
Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep
ABSTRAK
Hosidah, 2015, Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Moh Hafid Effendy, M. Pd .
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Kemampuan Kognitif Siswa
Dalam pendidikan tentunya membutuhkan perpustakaan, seharusnya perpustakaan dapat menyediakan segala buku yang di butuhkan oleh siswa. Pada kenyataannya meskipun ada perpustakaan buku tidak lengkap sehingga siswa mengalami kesusahan dalam menemukan referensi. selain itu dalam pendidikan membutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap, namun kenyataannya sarana di dalam lembaga kurang lengkap seperti halnya tidak ada laboratorium komputer sehingga siswa kesusahan dalam mengoprasikan komputer.Lingkungan sekolah sangat berpengaruh dan mempunyai peran penting dalam pendidikan dan pengajaran bagi siswa di MTs Nurul Islam dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Sehingga mampu menumbuhkan semangat dan pengetahuan siswa dengan lebih baik, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif.
Adapun rumusan masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep?, kedua, seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep?.Sedangkan tujuan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep, kedua, untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep sebanyak 70 orang. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan Product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep. Hal ini dapat diketahui dari hasil “r” hitung yang nilainya lebih tinggi dari pada harga kritik “r” product moment, baik pada taraf signifikan 95%(0,235) maupun pada taraf signifikan 99% (0,306). Hasil “r” hitung adalah 0,613. Sedangkan pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan kognitif siswa di MTs Nurul Islam Bicabi Dungkek Sumenep adalah terbilang cukup. Hal ini diketahui bahwa hasil “r” hitung adalah 0,613, bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai ”r”, maka nilai berada antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interpretasi nilai cukup.
Tidak tersedia versi lain