Text
Pendidikan Tauhid di RA Al-Ishlah Ketawang Daleman Ganding Sumenep
ABSTRAK
Marzuki. 2015 Pendidikan Tauhid di RA Al-Ishlah Ketawang Daleman Ganding Sumenep .Skripsi, JurusanTarbiyah, Program StudiPendidikan Agama Islam,Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
Kata kunci: Pendidikan Tauhid
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pendidikan Tauhid terhadap anak; (2) Apasaja materi pendidikan Tauhid di RA Al-IshlahKetawangdalemangandingsumenep; (3) Bagaimana metode pendidikan Tauhid di RA Al-IshlahKetawangdalemangandingsumenep
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metodeyang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan mengenai apa yang ada.Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan induktif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: penanaman nilai-nilai Islam pada pendidikanprasekolah dapat diterapkan dengan cara mengkolaborasikan moral spiritual kedalam bentuk kegiatan anak sehari-hari. Jadi nilai-nilai dan pengetahuan Islamdigbungkan dengan program pelatihan dan pendidikan anak secra total. Pendidikanagam lebih difokuskan pada cara kehidupan dan perilaku islami dari padapengajaran dan pembelajaran mengenai Islam sebagai salah satu bidang pelajaran.
Pelaksanaan penanaman nilai-nilai islam di RA Al-IshlahKetawangdalemangandingsumenep sudah berjalan dengan baik. Karena di dalampembelajarannya menggunakan materi dan metode yang disesuaikan dengan umur,perkembangan psikologis, serta kebutuhan spesifik anak. Materi yang diberikandiantaranya: nilai keimanan, nilai ibadah, nilai akhlak dan nilai sosial. Sedangkanmetode yang sesuai bagi anak prasekolah antara lain : keteladanan, pembiasaan,bermain, cerita, demonstrasi, dan karyawsata.
Pada dasarnya keterbatasan jumlah pendidik, kurangnya sarana danprasarana, kurangnya media pembelajaran, perbedaan latar belakang keluargasetiap anak, dan lingkungan keluarga yang tidak kondusif menjadi kendala dalammenanamkan nilai-nilai Islam di RA Al-IshlahKetawangdalemangandingsumenep. Dalam menghadapi kendala tersebut, para pendidik selalu berusahamemberikan materi dan metode yang bervariasi, para pendidik selalu menunjukkansikap kasih sayang dan penuh kesabaran dalam membimbing anak, memberikanperhatian khusus bagi anak yang pasif di kelas, memberikan aturan-aturan yangjelas dan konsisten tentang perilaku di kelas, pendidik selalu mendorong anakuntuk mengambil inisiatif sendiri dan memilih aktifitas yang disukainya.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi danmasukan bagi para pendidik, orang tua, para peneliti, dan semua pihak yangmembutuhkan informasi mengenai penanaman nilai-nilai islam pada usiaprasekolah.
Tidak tersedia versi lain