Text
Problematika Belajar Al-Qur’an Bagi Santri di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
ABSTRAK Amien, Khairul, 2015, Problematika Belajar Al-Qur’an Bagi Santri di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan. Dosen Pembimbing Dr. H. Nor Hasan, M. Ag. Kata Kunci : Problematika, Belajar Santri. Al-Qur’an. Tujuan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan antara lain bertujuan agar santri dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Namun dari tujuan pembelajaran Al-Qur’an tersebut belum sepenuhnya tercapai karena terdapat beberapa hambatan dalam pembelajaran yang ditimbulkan dari beberapa faktor baik itu dari santri, ustad, maupun sarana pembelajaran. Dari latar belakang ini perlu merumuskan masalah dengan mengkaji tentang bagaimana problematika belajar Al-Qur’an bagi santri di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan? Dan bagaimana upaya Ustadz/guru dalam mengatasi hambatan-hambatan belajar bagi santri di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan? Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tiga tahap yaitu Persistent Observation (ketekunan pengamatan), Triangulasi, Peerderieting (pemeriksaan sejawat melalui diskusi). Dari hasil penelitian ini bahwa: Pertama, Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan masih terdapat berbagai problem yang dapat menghambat terhadap pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan, problematika tersebut datang dari internal lembaga maupun dari siswa. Adapun problem yang datang dari lembaga diantaranya: tujuan pembelajaran, materi, metode, asatid, alat pembelajaran maupun sumber belajar. Selain itu, problem yang datangnya dari diri siswa itu sendiri. Problematika santri dalam mengikuti bimbingan belajar Al-Qur’an meliputi : faktor latar belakang sekolah santri, faktor keluarga, kemampuan santri, alat bantu mengajar, dan sumber belajar. Kedua, Usaha-usaha untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan diantaranya adalah dengan mengadakan kebijakan program Qur’anisasi artinya berusaha menciptakan pesantren yang Qur’ani seperti pada kegiatan Qiroati dan tadarus bagi seluruh siswa, diadakan diklat cara membaca dan mengajarkan Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Tidak tersedia versi lain