Text
Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang
ABSTRAK
M. Ibnu Ayyubi, 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang? (2) Apa saja faktor yang mendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumber pertamanya seperti kepala madrasah penentu kebijakan, guru-guru dan siswa. Sedangkan data sekundernya adalah data yang dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber pertama seperti berupa dokumen-dokumen yang diperoleh dari Madrasah. Intrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah interview, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama Langkah langkah pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang adalah: (1) persiapan maksudnya kegiatan dari seorang guru yang akan menggunakan media pembelajaran lam mengajar Al-Qur’an maka yang dapat dilakukan oleh guru pada langkah persiapan diantaranya: membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran mencantumkan media yang akan digunakan, mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan, menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik. (2) pada saat melakukan proses pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan media pembelajaran guru perlu mempertimbangkan seperti: yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan, jelaskan tujuan yang akan dicapai, jelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran Al-Qur’an, hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian, dan ketenangan peserta didik, ketika guru melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an harus menyesuaikan metode yang digunakan. Suatu contoh pada waktu metode yang digunakan adalah metode iqro’ maka guru mengajarkan dengan bacaan terus (tanpa analisa dan dieja) artinya murid tidak diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyah namun murid langsung diperkenalkan dengan bunyi kalimat yang diambil dari ayat Al-Qur’an. (3) untuk mengukur pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukannya atau dengan meminta siswa satu-satu membacakan Al-Qur’an. Kedua, Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di SDN Aeng Sareh 1 Sampang meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang datang dari siswa itu sndiri meliputi semangat belajar, kondisi emosi, keyakinan kebiasaan, dan cara memproses stimulus. Sedangkan faktor eksternal, antara lain: lingkungan belajar.
Tidak tersedia versi lain