Text
Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Al-Hikmah Aengdake Bluto Sumenep
ABSTRAK
Cahyadi Alfan Khair, 2015, Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Al-Hikmah Aengdake Bluto Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dra. Hj. Waqiatul Masrurah, M.Si
Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Bahan Ajar LKS
Guru, dalam penyampaian materi pelajaran membutuhkan bahan ajar agar dapat memudahkan guru menjelaskan materi pelajaran. Bahan ajar yang sering digunakan guru dalam pembelajaran adalah bahan ajar LKS, bahan ajar ini juga sering digunakan oleh para guru MA Al-Hikmah terkhusus pelajaran PAI.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dengan rumusan masalah berikut: 1. Bagaimana pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa di MA Al-Hikmah Aengdake Bluto Sumenep. 2. Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam 3. Bagaimana mengatasi penghambat pemanfaatan bahan ajar lembar kerja siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan hasil penelitian sebagaimana berikut: 1. Pemanfaatan LKS dalam pembelajaran PAI di lembaga MA Al-Hikmah disambut baik oleh pihak guru dan siswa, bagi siswa dapat lebih mudah membantu memahami dan mengingat apa yang mereka pelajarai dalam kelas dan juga dapat membantu mereka belajar secara mandiri. Bagi guru akan dapat membantu membangun komunikasi yang baik dalam proses belajar mengajar antara guru dan siswa, sehingga dapat tercapainya pembelajaran yang efektif. 2. Faktor pendukung pemanfaatan bahan ajar LKS dalam PAI di lembaga MA Al-Hikmah adalah minat siswa terhadap materi pelajaran, kedisiplinan guru datang tepat waktu, kemampuan guru memilih dan memnggunakan metode yang tepat sesuai dengan karakter materi dan adanya bahan ajar atau media lain. Faktor penghambat pemanfaatan bahan LKS dalam pembelajaran PAI di MA Al-Hikmah adalah Minimnya buku paket dan sedikitnya siswa yang tidak memiliki buku paket, Suasana kelas yang ramai siswa terlambat masuk kelas dan terjadinya kecurangan dalam mengerjakan tugas. 3. Untuk mengatasi Minimnya buku paket dan sedikitnya siswa yang tidak memiliki buku paket adalah siswa mencari alternatif lain dalam mencari materi tambahan agar dapat memudahkan mereka belajar dan mengerjakan tugasnya dengan baik dan internet dijadikan tempat untuk mencari materi tambahan. Suasana kelas yang ramai untuk mengatasi masalah ini guru harus dapat mengatur siswa dengan baik. Siswa terlambat masuk kelas serta terjadinya kecurangan dalam mengerjakan tugas, untuk mengatasi masalah ini perlu adanya teguran dan hukuman bagi siswa yang melakukan hal tersebut dan adanya pengawasan saat mengerjakan tugas.
Tidak tersedia versi lain