Text
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar II Di Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Ulfatus Sholehah, 2015, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar II Di Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Moh Muchlis Solichin, M.Ag
Kata kunci: Upaya Guru, Meningkatkan Mutu Pembelajaran.
Ada dua (2) permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar II Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Kedua, Kendala - kendala apa saja yang dihadapi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar II Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.
Penelitian mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik analisis taksonomi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Data yang terkumpul berbentuk transkip wawancara, yang didukung dengan data observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 10 Maret sampai dengan tanggal 11 April 2015.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkaatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar II Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan mengikuti prosedur formal yang telah ditetapkan seperti, Pembuatan perangkat pembelajaran, Kreativitas pemakaian media, metode dan pendekatan pembelajaran. Kemudian Mengadakan pendekatan personal kepada murid dalam hal perbedaan tingkat imtelegensi, perbedaan usia. Kendala-kendala guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar II Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan meliputi kendala yang bersifat internal, seperti perbedaan individual murid, minat murid untuk belajar. Kemudian kendala yang bersifat eksternal, seperti Sarana dan prasarana pembelajaran, Manajemen pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Anwar II Desa Pamoroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan sangat baik Hal ini ditunjukkan dengan data hasil penelitian yang cukup signifikant. Untuk itu dalam rangka mengoptimalkan program ini perlu adanya kordinasi antar pihak yang terkait seperti, Kepala Madrasah, guru bidang kelas, dan murid.
Tidak tersedia versi lain