Text
Metode Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Usia Dini di PAUD Sukaria Polagan Utara Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Muflizah. 2015. Metode Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Usia Dini di PAUD Sukaria Polagan Utara Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M Ag
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini
Pendidikan anak di usia dini yang sejak mulai lahir perlu ditanamkan nilai-nilai Islam tentang ajaran Islam, sebab ajaran-ajaran Islam sangat penting dan harus dipelajari. Karena di dalam Islam telah memberikan dasar-dasar konsep pendidikan dan pembinaan anak, bahkan sejak masih dalam kandungan. Di PAUD Sukaria Polagan, guru telah memberikan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini. Karena pendidikan agama Islam merupakan segala usaha yang berupa pengajaran, bimbingan dan asuhan terhadap anak agar kelak setelah pendidikannya dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agamanya serta menjadikannya sebagai way of life (jalan kehidupan) sehari-hari, baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial kemasyarakatan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana metode pembelajaran pendidikan agama Islam di PAUD Sukaria Polagan Utara Desa Polagan Kecamatan Galis Pamekasan?, dan 2) Apa saja kendala-kendala pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak usia dini di PAUD Sukaria Polagan Utara Desa Polagan Kecamatan Galis Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran pendidikan agama Islam di PAUD sukaria Polagan Utara Desa Polagan Kecamatan Galis Pamekasan yaitu: metode bermain, ceramah, tanya jawab, penugasan, bercerita, bernyanyi, bertepuk secara islami, mengaji tilawati, membaca surat-surat pendek, sholawat nabi, dan membaca doa-doa sehari-hari. 2) Kendala-kendala dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PAUD Sukaria Polagan Utara Desa Polagan Kecamatan Galis Pamekasan yaitu: kurang disiplinnya guru maupun siswa, minimnya gaji bagi guru, kurangya pengetahuan bagi guru-guru, kurangnya media pembelajaran, pengucapan anak masih kurang tepat, kurang tersedianya waktu pengawasan pada anak ketika bermain, anak dalam waktu menerima pelajaran belum bisa fokus, dan kurangnya kemampuan pengelolaan kelas dengan baik.
Tidak tersedia versi lain