Text
Keterampilan guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan kondisi belajar pada Mata Pelajaran agama Islam di Sekolah Menengah Atas Hidayatun Najah Proppo Pamekasan
ABSTRAK
Siti Rokayyah, 2014. Keterampilan guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan kondisi belajar pada Mata Pelajaran agama Islam di Sekolah Menengah Atas Hidayatun Najah Proppo Pamekasan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Dr. Edi Susanto, M.Fil.1
Kata kunci : Keterampilan Guru Mengelola Kelas, Kondisi Belajar
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, bagaimana kondisi guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan kondisi belajar pada mata pelajaran agama Islam di SMA Hidayatun Najah proppo pamekasan. Kedua, apa saja tantangan guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan kondisi belajar pada mata pelajaran agama Islam di SMA Hidayatun Najah. Ketiga, upaya guru mengelola kelas dalam mengoptimalkan kondisi belajar pada mata pelajaran agama Islam di SMA Hidayatun Najahb proppo Pamekasan.
Adapun yang menjadi fokus lokasi penelitian dalam skripsi ini adalah SMA Hidayatun Najah, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh dari guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan juga siswa, teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, dalam penelitian ini data yang terhimpun dalam transkrip wawancara, catatan lapangan serta dokumen. Adapun tahapan- tahapan analisis data dalam penelitian ini adalah 1) reduksi data yang meliputi: cheking,organizing dan cooding. 2)penyajian data, dan 3) menarik kesimpulan / verifikasi, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMA Hidayatun Najah proppo pamekasan sudah melakukan pengelolaan kelas dengan kondisi baik untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang mana banyak tantangan yang mendukung dan kendala dalam pengelolaan kelas. Namun masih bisa dilakukan upaya guru dalam mengoptimalkan kondisi belajar dengan cara menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang aktifitas belajar.
Sehingga dengan demikian diharapkan dari hasilbpenelitian ini bisa menjadi bahan masukan bagi seluruh civitas akademis pada umumnya dan di SMA Hidayatun Najah pada khususnya untuk lebih profesional dan kreatif dalam mengelola kelas dengai berbagai pendekatan, strategi dan variasi pembelajaran yang perlu dikuaai, karena pengelolaan kelas sangat diperlukan dalam proses pembelajaran dan sangat menentukan masa depan pendidikan.
Tidak tersedia versi lain