Text
Pengaruh Penghargaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPI Al-Imran Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten sumenep tahun 2013/2014
ABSTRAK
A. Sahlan, 2014, Pengaruh Penghargaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPI Al-Imran Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten sumenep tahun 2013/2014, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M. Ag.
Kata Kunci : Pengaruh Penghargaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama adakah pengaruh penghargaan terhadap prestasi belajar siswa Di SMPI Al-Imran Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, keduan Seberapa Besar Pengaruh Penghargaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMPI Al-Imran Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai analisis statistik dengan tehnik product moment. Dalam penelitian ini karena subjeknya terjangkau (39 siswa), semuanya dijadikan subjek penelitian, sehingga disebut penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode angket sebagai metode primer, sedangkan wawancara, observasi, dokumentasi hanya sebagai pendukung saja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada pengaruh penghargaan terhadap prestasi belajar siswa di SMPI Al-Imran Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Hal ini dapat diketahui dari harga kritik “r” product moment dengan N = 39 adalah 0,316 dan 0,408 dengan interval kepercayaan masing-masing 95% dan 99%. Sedangkan “r” kerja dengan N = 39 diperoleh nilai 0,479 dengan demikian “r” kerja lebih tinggi dari “r” tabel. Dengan ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang diajukan telah diterima kebenarannya karena harga kritik “r” kerja lebih besar dari “r” tabel.
Pengaruh penghargaan terhadap prestasi belajar siswa di SMPI Al-Imran Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep adalah agak rendah. Hal ini diketahui bahwa “r” kerja berada antara 0,400 s/d 0,600 dengan kategori agak rendah.
Tidak tersedia versi lain