Text
Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual(Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa MTs Al-Qadiry Sentol Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan
ABSTRAK
Nurhayati, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual(Contextual Teaching and Learning) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa MTs Al-Qadiry Sentol Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, JurusanTarbiyah, Program Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Model PembelajaranKontekstual(Contextual Teaching and Learning)
Salah satu faktor dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional tersebut tergantung pada tataran praktis dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran menjadis angatpenting bagi pengembangan potensi pesertad idikdalam proses pembelajaran. Guru dituntut untuk senantiasa berinovasi danberkreasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar materi yang disajikan.
Ada tigapermasalahan yang terjadipadakajianpokokdalampenelitianini. (1),Bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual pada pebelajaran Pendidikan Agama Islam. (2), Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan (3)Apakendala yang dihadapi guru agama dalampenerapan model pembelajaran kontekstual(Contextual Teaching and Learning)dalam pembelajaranPendidikan Agama Islamdi MTs Al-QadirySentolKecamatanPademawuKabupatenPamekasan.
Padapenelitianini, penelitimenggunakanpendekatankualitatif.Pendekatankualitatifsepertiinimerupakanprosedurpenelitian yang menghasilkan data diskriptifberupa kata-kata tertulisataulisandari orang danperilaku yang dapatdiamati.Untukjenispenelitiannyaadalahdeskriptifdanprosedurpengumpulandatanyameleluiwawancara, observasidandokumentasi.Sedangkananalisis data yang digunakanadalahtranskipwawancara, adapunpengecekankeabsahan data melaluiketekunanpengamatan, perpanjangankeikutsertaandantriangulasi.
Hasilpenelitianmenyatakanbahwa (1) Pelaksanaanpembelajaran yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam selalumenyajikanmateri yang dikembangkanoleh guru.Penerapan model pembelajarankontekstualdalampembelajaranPendidikan Agama Islam tersebutterjadikarena,(a). Guru memulaidarikegiatanawal, intidankegiatanakhirpembelajarandenganlangkah-langkah yang benar, (b). Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan model pembelajarankontekstualuntukmembangunsinergisiswa, (c). Guru melaksanakanprinsip-prinsippembelajarankontekstualdenganbaik. Proses pelaksanaanpembelajarandilaksanakandengansungguh-sungguhdenganteknikpresentasi yang prima. Kegiatanbelajarsiswalebihantusias, sehinggamateri ajar lebihmudahdiserapsiswa.(2) SistempembelajarankontekstualmemperolehresponpositifdarisiswapadaPendidikan Agama Islamkarenasangatmendukungdanmembantusiswadalam proses pembelajaran, denganadanyasistempembelajarankontekstualsepertiinisiswadapatmeningkatkanmotivasibelajarnyasehinggabanyakjugasiswa yang yanglebihgiatdansemangatuntukmeraihprestasi-prestasi yang akanmerekadapat.(3) Kendalayang dihadapidalampenerapanpembelajarankontekstualpadaPendidikan Agama Islam adalahberdasarkanKenyataan yang adadilapangan, kurangnyasaranadanprasarana yang memadaidan media pembelajaran yang terbatasmembuat guru yang mengajarsangatmembutuhkaninovasi.dalammenyampaikanmateri.
Berdasarkanhasilpenelitiandiatasperluadanyaevaluasidanpembenahanterhadapkendala-kendala yang dihadapisehingga proses pembelajarandapatterlaksanadenganbaikdantujuanpendidikandapattercapaidengansempurna.
Tidak tersedia versi lain