Text
Kompetensi Paedagogik Guru dalam Menerapkan Penilaian Berbasis Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Desa Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.
ABSTRAK
Nahrowi 2014, Kompetensi Paedagogik Guru dalam Menerapkan Penilaian Berbasis Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Desa Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Drs. H. Saiful Arif, M. Pd.
Kata kunci : Paedagogik guru, penilaian berbasis kelas
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana kompetensi paedagogik Guru dalam menerapkan Penilaian berbasis Kelas di MI Miftahul Falah Kadur Pamekaan? (2). Bagaimana pengaruh kompetensi paedagogik guru dalam menerapkan Penilaian Berbasis Kelas di MI Miftahul Falah Kadur Pamekasan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) untuk mendeskripsikan kompetensi paedagogik guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas di MI Miftahul Falah Kadur Pamekaan (2) untuk mendiskripsikan pengaruh kompetensi paedagogik guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas di MI Miftahul Falah Kadur Pamekasan
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi paedagogik Guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas di MI Miftahul Falah Kadur Pamekasan, adalah meliputi pertanyaan lisan, kuis, ulangan harian, tugas individu, tugas kelompok, ulangan semester, ulangan kenaikan kelas. (2) Pengaruh kompetensi paedagogik guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas di MI Miftahul Falah Kadur Pamekasan berhubungan dengan: (a) adanya komitmen guru yang tinggi, (b) adanya respon postif dari masyarakat sekitar, (c) Guru yang ada secara kualifikasi akademik sebagian besar sudah sarjana.
Tidak tersedia versi lain