Text
Motivasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTS Miftahul-Ulum Dabuan Tlanakan Pamekasan
ABSTRAK
Uswatun Hasanah 2010. Motivasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTS Miftahul-Ulum Dabuan Tlanakan Pamekasan,Skripsi, JurusanTarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam,Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing FatholKhaliq M,Si.
Kata kunci: Motivasi Intrinsik, Kepala Madrasah dan Kinerja Guru
Ada empat masalah yang menjadi fokus kajian utama dalam penelitian
ini, yaitu : 1. Motivasi Kepala Madrasah di MTs Miftahul-Ulum Dabuan Tlanakan
Pamekasan, 2. Kinerja Guru di MTs Miftahul-Ulum Dabuan Tlanakan
Pamekasan, 3. Faktor-faktor yang mendukung kepala Madrasah dalam
meningkatkan kinerja guru di MTs Miftahul-Ulum Dabuan Tlanakan Pamekasan,
4. Faktor-faktor yang menghambat Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan
Kinerja Guru di MTs Miftahul-Ulum Dabuan Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan
data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengecekan
keabsahan data melalui perpanjangan, pengamatan, ketekunan
triangulasi,diskusi teman sejawat, analisis kasus negatif, member check. Teknik
analisis yang digunakan adalah deskriptif dan komponensial.Penelitian
ini berlangsung dari tanggal 13 Maret 2014 sampai 3 April 2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah di MTs MiftahulUlum Dabuan Tlanakan Pamekasan telah menerapkan motivasi yang baik kepada
guru-guru yang dipimpinnya.motivasi intrinsik diwujudkan dalam bentuk, 1.
Melibatkan guru dalam setiap kegiatan,2. Memberikan penghargaan kepada
guru-guru yang berprestasi,3. Memberikan sanksi bila guru melanggar tata
tertib,4. Menciptakan suasana yang kondusif.
Mengenai kinerja guru termasuk baik, yaitu:(1). Guru melaksanakan tugas
mengajar secara baik dan disiplin, (2). Menyusun rencana pembelajaran, (3).
Mengorganisasikan bahan pembelajaran, (4). Mengelola kelas, (5). Menggunakan
alat dan media pembelajaran, (6). Menilai hasil belajar (7). Dan melaksakan
proses pembelajaran dengan baik. Faktor yang mendukung kepala Madrasah
dalam meningkatkan kinerja guru di antaranya: 1. Kepemimpinan demokratis, 2.
Pembinaan kedisiplinan guru, 3. Membangkitkan motivasi guru baik secara
intrinsik 4. Pemberian penghargaan kepada guru-guru yang berprestasi, sedangkan
faktor yang menghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru
adalah: pertama, Kurangnya kedisiplinan kepala Madrasah, kedua, Sarana dan
prasarana yang kurang memadai, ketiga, Kurangnya pelatihan bagi guru yang
kurang profesional, keempat honor guru yang masih rendah.
Tidak tersedia versi lain