Text
Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 larangan pamekasan
Faidatur Rohmah 2014, strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 larangan pamekasan, skripsi, program pendidikan agama islam, jurusan tarbiyah, pembimbing: Dra.Hj.Waqiatul Masruroh,Msi.
Kata kunci : Strategi Guru PAI, MeningkatkanMutu, Pembelajaran
PAI.
Tujuan pendidikan agama islam adalah bertujuan untuk menunmbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaanya, berbangsa dan bernegara serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodedeskriptif, sumerdata yang di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.Analisis data menggunakan pengecekan ,pengorganisasian, dan pengkodeaan.dan untuk memperkuat hasil penelitian ini di lakukan ketekunan pengamatan, tringulasi, dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru PAI terkait dengan mutu pembelajaran PAI di SMPN 1 larangan sudah di laksanakan secara optimal, halini dapat dilihat pada; 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan mutupembelajaran PAI di SMPN 1 larangan, dalam melaksanakan strategipembelajaran ada beberaalangkah yang dilakukan, di antaranyadalahsebagaiberikut; a) Perencanaanpembelajaran, b) Pelaksanaanpembelajaran, c) Evaluasipembelajaran, d)Strategi PAKEM. Disinipenulistidakmenemukanpermasalahn yang begitusignifikan, karena out put yang dihasilkanmenunjukkanadanyapeningkatan yang baik di SMPN 1 larangan. 2) Faktorpendukungdanpenghambatdaristrategi PAI dalammeningkatkanmutupembelajaran PAI di SMPN 1 larangan. Faktorpendukungnyaantara lain; a) faktorsaranadanprasarana b) Faktor guru, c) Lingkungan. Faktorpenghambatnyasebagaiberikut; a) Saranadanprasarana, b) Faktorsiswa.Dan untukmengatasihambatan- hambatantersebuttelah di upayakansolusialternatif yang memungkinkanterlaksananyastrategi guru PAI dalamsmeningkatkanmutupembelajaran PAI di SMPN 1 Larangan pamekasan.
Tidak tersedia versi lain